Satu-Satunya Peraih Adipura Kencana, Risma Teteskan Air Mata

14 Jan 2019 12:52 Nasional

Suasana haru mewarnai penerimaan penghargaan Adipura Kencana oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Suara gemuruh tepuk tangan audiens yang hadir saat nama Walikota Surabaya disebut sebagai satu satunya penerima Adipura Kencana mendadak terhenti ketika melihat Walikota Surabaya itu naik panggung dengan menggunakan kursi roda.

Mengetahui kondisi Risma yang sedang sakit di bagian kakinya, Wapres Jusuf Kalla berencana menyerahkan penghargaan tertinggi bidang lingkungan itu di bawah panggung. Namun niat itu pun ditolak oleh sang walikota, alasannya, Risma tidak mau diistimewakan. Ia pun minta ajudannya mendorong sampai ke atas panggung.

Risma sendiri tampak beberapa kali mengusap air matanya dengan tisu saat Wakil Presiden Jusuf Kalla memujinya sebagai perempuan dan walikota yang hebat. Risma tak kuasa menahan air mata karena terharu. “Hebat di mata rakyatnya dan hebat di mata dunia. Saya berharap akan lahir Tri Risma baru yang lebih banyak lagi,” ujar Kalla.

Wapres memuji begitu hebatnya Risma mempercatik kotanya dengan sentuhan-sentuhan yang humanis. "Saya melihat Bu Risma saat terjuan langsung mengawasi perbaikan badan jalan Raya Gubeng yang ambles. Sehingga dalam satu minggu Jl Raya Gubeng sudah berfungsi kembali. JK juga menilai layak kalau di bawah kepemimpinan Risma Surabaya menerima beberapa penghargaan," puji Wapres.

Risma sampai saat ini masih belum sembuh dari cedera kaki yang dialaminya. Ia harus duduk di kursi roda dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Surabaya.

Pada puncak peringatan Hari Lingkungan di Gedung Manggala Wana Bakti Kementrian LHK, Risma tiga kali naik panggung untuk menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla.

Tiga penghargaan itu terdiri dari Adipura Kencana, pengelolaan sampah terbaik dan penghargaan bidang kepemimpinan, Nirwasita Tantra Award.

 

Beberapa undangan, tak terkecuali Gubernur Jatim, Soekarwo ikut menyalami walikota Surabaya untuk mengucapkan selamat sambil menanyakan perkembangan kondisi cedera kaki yang dialaminya.

Kepada Ngopibareng, Tri Risma mengatakan Adipura Kencana yang baru diterimanya merupakan hasil kerja keras warga Surabaya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan masing masing.

"Saya bangga dengan warga Surabaya yang memiliki kesadaran cukup tinggi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Tanpa partisipasi warga, mustahil Surabaya memperoleh Adipura Kencana," kata Risma.

Risma tak ingat berapa jumlah penghargaan yang diterimanya selama menjadi Walikota Surabaya. Ia mengatakan itu tidak penting. Kebanggaannya justru terletak pada kepedulian warga Surabaya terhadap pembangunan kotanya.

"Karena kepedulian warga Surabaya dan kerja sama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan, Surabaya menjadi kota terbaik dan dikenal di seluruh dunia,"ujar Risma.

Sementara Mentri LHK Siti Nurbaya menjelesakan, kali ini ada 117 kabupaten kota yang menerima penghargaan dan plakat Kalpataru. Sedang Surabaya merupakan satu satunya kabupaten kota di Seluruh Indonesia yang memperoleh Adipura Kencana. "Surabaya meraih Adipura Kencana setelah delapan kali berturut turut menerima Adipura," kata Mentri LHK.

Sementara Gubernur Provinsi Jatim Soekarwo memperoleh penghargaan dalam managemen pengelolaan lingkungan. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini