Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak ketika menerima vaksin pertama di Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 14 Januari 2021. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak ketika menerima vaksin pertama di Jatim, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 14 Januari 2021. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Dua Tokoh Ini Batal Jalani Vaksin Pertama di Jatim

Ngopibareng.id Jawa Timur 14 January 2021 12:50 WIB

Dua orang terdiri dari Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta dan Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Ramelana Surabaya, Kolonel Laut (K) dr Radito Soesanto batal menjalni vaksinasi Covid-19 yang dijadwalkan hari ini, Kamis 14 Januari 2021.

Keduanya batal menjalani vaksinasi Covid-19 pertama di Jawa Timur bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim dan beberapa tokoh di Gedung Negara Grahadi karena ada halangan.

“Kapolda hari ini berhalangan karena harus memenuhi tugas yang tidak bisa ditinggalkan di Jakarta,” kata Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, Dr Joni Wahyuhadi.

Sementara untuk Kepala Rumkital dr Ramelan, Radito, dijelaskan bahwa tidak memenuhi kriteria screening kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

“Jadi memang ada satu yang batal divaksin hari ini karena hipertensi,” ungkap Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, Dr Joni Wahyuhadi usai proses vaksinasi.

Joni menegaskan, keputusan tersebut bukan merupakan keputusan dari petugas pemeriksa, melainkan keputusan langsung dari sistem yang dimiliki oleh Kemenkes RI.

“Jadi ada 16 item yang harus diisi, kemudian itu diinput oleh petugas dalam aplikasi. Lantas, aplikasi tersebut menjawab tidak boleh untuk dilakukan vaksin, maka harus ditunda,” jelasnya.

Meski hari ini batal menjalani proses vaksinasi, namun tidak menggugurkan kedua nama sesuai jatah yang diterima. Keduanya masih bisa mendapat vaksin apabila sudah siap dan kondisinya sudah lebih baik.

Adapun 22 nama yang terdaftar menerima vaksin hari ini adalah Wakil Gubernur Jatim, Wakil Ketua DPRD Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kepala Kejati Jatim, Wakapolda Jatim, Sekdaprov Jatim, Ketua IDI Jatim, Kepala Rumkital dr Ramelan, Kabiddokes Polda Jatim, Deputi Direktur BPJS Jatim, Kepala BBPOM Surabaya, Dirut RSUD Dr Soetomo, Dekan FKM Unair, Ketua DPW PPNI Jatim, Ketua SPSI, Anggota PGRI, Influencer Bayu Eko Sasmito (Bayu Skak), Angota IBI Jatim, Anggota Pemuda Hindu Jatim, Anggota Pemuda Kristen Jatim, Ketua GP Ansor Jatim, Influencer Tomly Wafa.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 00:56 WIB

Usai Copot Hijab, Selebgram Rachel Vennya akan Cerai?

Gosip Artis

Selebgram Rachel Vennya mengunggah postingan soal cerai.

22 Jan 2021 00:36 WIB

Gisel Absen Wajib Lapor, Isolasi Mandiri Covid-19

Gosip Artis

Gisel sempat kontak dengan pasien positif Covid-19.

22 Jan 2021 00:20 WIB

Dana Pensiun Donal Trump Ditaksir Rp3,1 M per Tahun

Internasional

Donald Trump mendapatkan dana pensiun plus sewa gedung miliknya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...