Liga Champions 2018-2019Satu Kaki Barcelona di Final

02 May 2019 04:49 Liga Champions

Barcelona berhasil meraih kemenangan penting atas Liverpool di leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019, Kamis 2 Mei 2019 di Estadio Camp Nou. Tak main-main, tim tamu dicukur 3-0.

Berkat kemenangan ini pula, satu kaki Barcelona bisa dibilang sudah di final. Pasalnya, dengan margin sebesar itu, sulit bagi Liverpool untuk membalikkan agregat di leg kedua yang akan berlangsung di Anfield.

Gol kemenangan Barcelona dibuka oleh Luis Suarez di menit ke-33. Menyelinap masuk di antara dua bek tengah Liverpool, striker asal Uruguay itu menyambar umpan diagonal Jordi Alba dan masuk.

Unggul 1-0, Blaugrana berupaya menambah keunggulan lewat serangkaian serangan. Namun, rapatnya barisan belakang Liverpool memaksa babak pertama berakhir dengn skor 1-0 untuk keunggulan Barca.

Usai jeda babak pertama, Liverpool berupaya menyamakan kedudukan. Mereka lebih berani menekan pertahanan Barcelona. Namun Barcelona tak tinggal diam, mereka tetap mencari momen tepat untuk menambah margin gol.

Bermain lebih sabar, Barcelona berhasil membuat jala gawang Liverpool kembali bergetar. Kali ini, Lionel Messi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah berhasil memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Suarez yang membentur tiang, skor berubah menjadi 2-0, Barca memimpin.

Barcelona kian percaya diri, melalui penguasaan bola yang dominan, Azulgrana berhasil mendapatkan tambahan gol lewat tendangan bebas Lionel Messi dari jarak 27 meter. Bola lengkung hasil sepakan Messi tak mampu dijangkau oleh Alisson Becker. Skor berubah menjadi 3-0.

Sementara liverpool mencoba memperkecil keteringgalan lewat skema serangan dari berbagai sisi lapangan. Salah satu peluang apik didapat Mohamed Salah yang mendapatkan bola muntah di depan gawang Barcelona yang sudah melompong. Ironis, sepakan Mo Salah justru membentur tiang gawang Barcelona yang dikawal Adre Ter Stegen.

Barcelona sendiri memiliki dua peluang manis melalui kaki Ousmane Dembele. Sayang, dua sepakan pemain muda Prancis itu melambung di atas mistar gawang, satu kans lagi mengarah ke pelukan Alisson Becker.

Hingga akhir laga, skor 3-0 untuk kemenangan Blaugrana bertahan. Dengan kemenangan ini, Barcelona hanya butuh hasil seri pada leg kedua di Anfield untuk melangkah ke final. Kalau pun kalah tak lebih dari dua gol, Barcelona tetap lolos ke partai puncak.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini