Ilustrasi-Tim SAR gabungan yang terdiri dari Ditpolair Polda Jatim, Kesyahbandaran Utama, TNI serta PT Dharma Lautan Utama (DLU), mensimulasikan penanganan kebakaran kapal di tengah laut, Rabu 9 Mei 2018 lalu. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi-Tim SAR gabungan yang terdiri dari Ditpolair Polda Jatim, Kesyahbandaran Utama, TNI serta PT Dharma Lautan Utama (DLU), mensimulasikan penanganan kebakaran kapal di tengah laut, Rabu 9 Mei 2018 lalu. (Foto: Istimewa)

SAR: Satu Meninggal Akibat Terbakarnya KM Satya Kencana

Ngopibareng.id Timur Indonesia 04 August 2018 17:00 WIB

Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Banjarmasin menyatakan satu orang meninggal dunia akibat terbakarnya KM Satya Kencana IX di perairan sekitar 54 kilometer barat daya Tanjung Selatan di Kalimantan Selatan pada Sabtu pagi.

"Sampai saat ini info yang kami terima dari lapangan seluruh penumpang 225 orang sudah dievakuasi. Sebanyak 224 orang dalam keadaan selamat, satu orang meninggal dunia," kata Kepala Sub Seksi Sumber Daya Kantor SAR Banjarmasin Endrow Sasmita saat dihubungi media di Jakarta, Sabtu, 4 Agustus 2018.

Endrow menjelaskan bahwa KM Satya Kencana IX menurut manifes membawa 178 penumpang dan 47 anak buah kapal. Seluruh penumpang kapal itu sudah dievakuasi dengan bantuan beberapa kapal, termasuk KM Niki Sae yang membawa 141 orang dan KM Kumala yang membawa 84 orang.
Penumpang kapal yang meninggal dunia telah dievakuasi KM Niki Sae. KM Niki Sae dan KM Kumala saat ini masih dalam perjalanan menuju posko yang berada di Pelabuhan Trisakti.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Kementerian Perhubungan Junaidi dalam siaran pers menyatakan KM Niki Sae saat ini sudah bergerak menuju Pelabuhan Trisakti dengan waktu perkiraan tiba pukul 18.00 WITA.

Kapal KM Satya Kencana IX rute Surabaya menuju Banjarmasin dilaporkan terbakar di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan pada Sabtu 4 Agustus pukul 05.35 WITA.

Junaidi menjelaskan proses evakuasi penumpang KM Satya Kencana dilakukan dengan bantuan KM Niki Sae, KM Kumala dan Tug Boat Bina Marine 97 yang berada di sekitar lokasi terbakarnya kapal KM Satya Kencana IX, kapal Ro-Ro milik PT Dharma Lautan Utama.

 

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Mar 2021 10:19 WIB

Saat Bendera Belanda Berkibar di Papua, Lho kok!

Humor Sufi

Humor politik sepanjang masa

05 Mar 2021 10:16 WIB

Liverpool Keok di Kandang Lagi, Klopp Kehabisan Alasan

Liga Inggris

Klopp sampai kesulitan menjelaskan alasan di balik kekalahan atas Chelsea

05 Mar 2021 09:58 WIB

Pengamat: Presiden Salah Pilih Kata Ajakan Mencintai Produk Lokal

Nasional

Kesalahan kata terletak pada benci barang buatan luar negeri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...