Ekspresi pada santri menyambut Hari Santri, 2019. (Foto: ist/ngopibareng.id)

Santri Culture Night Carnival 2019, Puncak Hari Santri PWNU Jatim

Jawa Timur 25 October 2019 08:25 WIB

Santri Culture Night Carnival 2019, merupakan wujud festival budaya santri. PWNU Jawa Timur akan memeriah puncak Hari Santri 2019, dengan menggelar tersebut, pada Minggu 27 Oktober 2019, pukul 18.30 WIB depan kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Wakil Ketua PWNU Jawa Timur KH. Abdus Salam Sokhib mengatakan, kegiatan ini menampilkan beberapa seni budaya dari berbagai wilayah Jawa Timur. Ada nilai-nilai nasionalisme dan multi kulturalisme.

"Kami mengundang seluruh masyarkaat untuk hadiri pada Puncak Hari Santri 2019 di halaman PWNU Jawa Timur yang akan dimeriahkan penampilan seni dan kreativitas para santri. Jadilah, saksi kemeriahan Santri Culture Night Carnival. Mari ajak saudara dan teman-teman kalian," tuturnyua.

Acara Santri Culture Night Carnival 2019 terbuka untuk umum.

“Salah satu yang diundang drum band AAL Surabaya. Biasanya kan melantunkan lagu nasionalisme, nanti kami minta melantunkan lagu khas NU, Syubbanul Wathon,” kata Abdus Salam, Kamis 24 Oktober 2019.

Selain itu, kata Abdus Salam, juga akan ada pertunjukan barongsai dari Masjid Cheng Ho sebagai nilai-nilai multi kulturalisme yang diusung para santri.

Tak ketinggalan, lanjut dia, juga ada kreasi santri dari penjuru wilayah Jawa Timur. Misalnya, tarian Gandrung Santri dari Banyuwangi, Reog Santri Ponorogo. Sedangkan musik Ul Daul khas Sumenep yang biasanya menyanyikan lagu religi dan Madura akan menyanyikan lagu Sajojo dari Papua.

“Nantinya acara ini akan diakhiri dengan liwetan akbar yang akan diikuti 10 ribu santri dari seluruh penjuru wilayah Jawa Timur,” katanya.

Abdus Salam menambahkan, acara peringatan Hari Santri ini dijadwalkan dihadiri Wakil Presiden kIAI Ma`ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Forkopimda.

Dalam rangkaian kegiatan ini, telah digelar Pengajian Umum bersama Gus Miftah di kawasan eks-lokalisasi Dollly Surabaya. Selain itu, juga peryaaan di Kanjuruhan dan di Lirboyo Kediri yang dihadiri para kiai dan masyayikh pesantren.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Aug 2020 17:00 WIB

Cara Santri Pondok Aqobah Jombang Mengisi Idul Adha

Ngopi Foto

Kegiatan santri pondok di Jombang saat Idul Adha.

29 Jul 2020 16:50 WIB

PWNU Jawa Timur Imbau Masjid Zona Merah Tak Gelar Salat Id

Jawa Timur

Antisipasi penyebaran Covid-19

29 Jul 2020 05:18 WIB

8 Adab Berguru Menurut Imam Al-Ghazali

Khazanah

Sesuai kitab Bidayah Al-Hidayah karya Imam Abu Hamid Al-Ghazali

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...