Santri-Alumni Langitan Doa Bersama, Begini Keprihatinannya

08 Apr 2019 13:23 Khazanah

Para santri dan alumni Pondok Pesantren Langitan Tuban, mengadakan kegiatan khusus, "Doa Laingatan untuk Bangsa, Ikhtiar Mengetuk Pintu Langit". Kegiatan ini dipusatkan di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, Suci, Gresik, 7 April 2019.

Kegiatan Silatnas yang digelar di pesantren asuhan KH Masbuchin Faqih ini, dikuti Alumni Pesantren Langitan dengan jumlah peserta 3.000 lebih yang berasal dari berbagai Daerah di Jawa Timur, dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Jombang, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, dan dari luar Jawa Timur.

Menurut KH Ma'shum Faqih, Juru Bicara Silatnas (Silaturahmi Nasional) Keluarga Santri dan Alumni PesaNtren Langitan, menjelaskan pentignya kegiatan tersebut diadakan.

"Dalam konteks konsolidasi politik tahun ini melalui Pemilu 2019, realitas kekinian telah memberikan gambaran yang memprihatinkan bagi kalangan pesantren dengan merebaknya berita-berita hoaks bahkan fitnah terutama menjadikan agama sebagai ruang untuk tarik-menarik berbagai kepentingan kelompok," tutur Gus Ma'shum, panggilan akrabnya.

"Pada kondisi inilah, Keluarga Santri & Alumni (KESAN) Langitan Tuban menyeleggarakan kegiatan Silatnas guna membangun komitmen kebangsaan alumni pesantren dan turut serta berperan dalam menjaga perdamaian dan persatuan Bangsa," tutur putra Kiai Abdullah Faqih (almaghfurlah).

Pada kesempatan tersebut, Keluarga Santri & Alumni (KESAN) Langitan Tuban mengeluarkan sejumlah pernyataan sikap. Antara lain:

Pertama, Berkomitmen untuk setia dan siap berjuang untuk menjaga NKRI dengan ideologi Pancasila dan siap berjuang dibawah panji-panji organisasi Nahdlatul Ulama’ dalam jam’iyah, amaliah, fikrah dan harakah untuk menjaga Islam ala Ahlussunnah Wal Jamaah.

Kedua, Berkomitmen untuk melawan berita-berita hoaks dan fitnah;

Ketiga, dalam hal sikap dan pilihan politik yang menyangkut kemaslahatan ummat, KESAN Langitan setia dan patuh terhadap pilihan para kiai dengan komitmen untuk memilih dan memenangkan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden & Wakil Presiden RI. (adi)

"Pertama, Berkomitmen untuk setia dan siap berjuang untuk menjaga NKRI dengan ideologi Pancasila dan siap berjuang dibawah panji-panji organisasi Nahdlatul Ulama’ dalam jam’iyah, amaliah, fikrah dan harakah untuk menjaga Islam ala Ahlussunnah Wal Jamaah."
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini