Sang Alang Bantah Lagu #2019GantiPresiden Pesanan Parpol

23 May 2018 10:36 Nasional

Sang Alang, penyanyi dan pencipta lagu #2019GantiPresiden membantah lagunya merupakan pesanan dari pihak tertentu maupun parpol tertentu.

Namun dia tak akan ambil pusing jika ada pihak yang menumpang kepentingan menggunakan lagunya.

“Kalau misalkan ada yang numpang kepentingan, ya silahkan saja. Artinya selama saya nggak bertujuan ke sana,” ujar Sang Alang, Rabu, 23 Mei 2018.

Sang Alang bersikeras bahwa #2019GantiPresiden murni lahir dari curahan hatinya sebagai rakyat. Ia pun mengaku dirinya tidak suka ikut berpolitik.

“Ini kan sebenarnya kegelisahan saya sebagai rakyat, tapi kan ada yang ‘numpang’. Saya nggak merasa ini pesanan siapapun, nggak ada, saya nggak kenal (orang-orang dari partai politik). Saya nggak suka politik, tapi saya sebagai rakyat, saya juga petani, setiap Sabtu dan Minggu saya bertani. Itu kegelisahan ada, ya saya sampaikan,” terangnya.

Apabila suatu hari lagu tersebut digunakan untuk kampanye sebuah partai politik, apakah ia akan merasa keberatan? “Akan saya pertimbangkan,” jawabnya kemudian.

 

Perihal lagu yang mirip dengan lagu Better Man milik Robbie Williams tersebut, Sang Alang menyebut lagu #2019GantiPresiden' viral sebelum waktunya. Ia menegaskan bahwa lagu tersebut belum resmi ia rilis.

Sang Alang mengatakan, ia memang sempat berencana akan mengeluarkan lagu itu pada 16 Mei 2018, namun niatan tersebut ia urungkan melihat berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia, salah satunya adalah aksi teror bom di tiga gereja di Kota Surabaya.

Ditambah lagi, meski mengaku tidak berpolitik, ia nyatanya menyadari ada unsur politis dalam lagunya. Sehingga ia enggan mengeluarkannya dalam momen bulan Ramadan.

“Nah 16 kan, nah karena ada peristiwa-peristiwa bom itu jadi saya mundurin. Memang benar rencanannya itu, setelah ada keramaian itu, saya mundurin. Sama lagi bulan puasa saya nggak etis lah ngomongin politik karena ini bulan Ramadan,” ungkap Sang Alang.

Nama Jhon Paul Ivan disebut sebagai pencipta lagu 2019GantiPresiden bukan nama Sang Alang atau Jhony Alang kanan
Nama Jhon Paul Ivan disebut sebagai pencipta lagu #2019GantiPresiden, bukan nama Sang Alang atau Jhony Alang (kanan).

 

Kendati lagu tersebut telah keluar lebih dulu sebelum yang ia rencanakan, ditambah lagi bukan nama dirinya yang disebut sebagai pencipta lagu, melainkan Jhon Paul Ivan eks gitaris Boomerang. Apakah Sang Alang merasa dirugikan?

“Saya sih tadinya sempet berpikir seperti itu. Tahu-tahu udah kerilis, itu kan sebenarnya kecewa, berati kan hak ekonomi saya hilang (royalti dan lain sebagainya), tapi udah lah sudah takdir harus saya terima dengan lapang dada,” ucapnya pasrah. (*)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini