Samsung rilis Galaxy Note 20 dan Z Fold2 di tengah pandemi Covid-19. (Ilustrasi/Unsplash.com)

Samsung Berani Rilis Galaxy Note dan Fold di Tengah Pandemi

06 Aug 2020 10:50

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Samsung merilis telepon pintar terbaru kelas premium di tengah pandemi Covid-19, Galaxy Note 20, Ultra, dan Galaxy Z Fold2. Pabrikan gawai asal Korea Selatan ini juga merilis produk Smartwatch dan ear headphone bersamaan dengan rilis seri gawai flagship mereka.

Rilis gawai dilakukan lewat streaming langsung dari kantor mereka di Korea Selatan, pada Rabu 5 Agustus 2020 lalu. Meski di tengah pandemi, Samsung percaya jika produk mereka akan mempermudah kehidupan para konsumennya.

"Teknologi harus membuat hidup lebih mudah, tidak lebih kompleks. Sehingga, kami mengenalkan lima alat yang sangat kuat dan baru, untuk membantu pengguna memaksimalkan hidup dan pekerjaan," kata Presiden Samsung Elektronik dan Kepala Komunikasi Bisnis Mobile, T.M. Roh.

Kepada Strait Times, Samsung juga menyatakan jika formula sebagai juara yang ada di dalam nadi Samsung, tak akan berubah meski dalam kondisi yang tak menentu seperti saat ini. "Kami menawarkan protfolio produk yang meluas  dan meliputi beragam harga dan pelanggan," kata juru bicara Samsung.

Selain itu, Samsung juga mengungkapkan strategi kunci untuk terus berkembang, dengan menguasai dan memproduksi gawai dengan teknologi terbaru, seperti 5G dengan meluncurkan Galaxy Note 20 dan Z Fold2. "Seri Galaxy Note didesain sebagai gawai satu untuk semua dan agar pengguna bisa mendapatkan kemampuan maksimal dari telepon mereka," lanjut juru bicara Samsung.

Meski dirilis di tengah pandemi, Samsung mendapat ulasan positif dari analis. Shengtao Jin,  analis dari perusahaan bermarkas di Amerika Serikat Canalys, mengatakan jika permintaan atas model telepon yang mewah tetap ada di pasaran. "Gagal meluncurkan model flagship baru akan menyebabkan goncangan pada imaji merk nya dan berisiko kehilangan dominasi pada segmen premium," katanya.

Sementara, seri Note 20 akan muncul dalam dua versi, 6,7 inci dan 6,9 inci untuk Note 20 Ultra. Di Singapura, Note 20 akan datang dengan 4G dan 5G. Masing-masing dengan banderol harga berbeda, 4G dijual di kisaran USD1.398, dan 5G dikisaran USD 1.548. Sedangkan Note 20 Ultra hanya akan keluar di jaringan 5G dengan banderol harga USD 1,898. Preorder dibuka sejak rilis dilakukan dan penjualan berlangsung pada 21 Agustus di Singapura. Dua gawai memiliki fitur kamera lebih baik dibanding pendahulunya, Note 10. Seperti kemampuan zoom dan sistem telephotonya.

Ketika dilipat, Z Fold2 memiliki layar luar seluas 6,2 inci, lebih lebar dibanding seri sebelumnya. Namun, ketika dibuka, layar akan berubah menjadi ukuran tablet, seluas 7,6 inci. (Str)