Para ulama dunia saat menghadiri Konferensi Ulama Sufi Internasional di Kajen Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. (Foto: jatman for ngopibareng.id)

Sambut Ulama Sufi Dunia, Ini Pesan Presiden Joko Widodo

Khazanah 10 April 2019 00:33 WIB

Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo meminta dan mengajak kepada para ulama untuk menciptakan perdamaian dan toleransi di dunia atas dasar kemanusiaan dan keadilan.

Ajakan Presiden RI disampaikan dalam bentuk video berdurasi 1,33 menit yang diputar pada Pembukaan Konferensi Ulama Sufi Internasional di Kajen Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 8 April.

"Saya ucapkan selamat datang kepada para ulama sufi dari 38 negara dan peserta konferensi ulama sufi internasional di Pekalongan Jawa Tengah," tuturnya.

Jokowi berharap konferensi ulama sufi dapat berjalan dengan lancar dan sukses dengan menghasilkan berbagai keputusan penting untuk perdamaian dunia.

Bupati Pekalongan H Asif Kholbihi menyampaikan bahwa konferensi ulama thariqah dihadiri oleh delegasi mancanegara sebanyak 83 utusan dari 38 negara.

"Hingga kegiatan pembukaan digelar telah hadir utusan peserta konferensi dari luar negeri ada 83 delegasi dari 38 negara dan 3.415 peserta dalam negeri," jelasnya.

Dijelaskan, peserta yang hadiri terdiri atas ulama sufi luar negeri, perwakilan pengurus JATMAN (Idarah Aliyah, Idarah Wustha, Idarah Syu’biyah) se-Indonesia, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI-Polri, pimpinan Pondok Pesantren, maupun undangan khusus.

Asif yang juga Ketua Umum Panitia konferensi berharap dan mengajak kepada seluruh peserta untuk memanfaatkan kesempatan seelama di Pekalongan. Dirinya telah menyediakan aneka oleh-oleh untuk suami dan istri.

Kegiatan konferensi ulama yang dibuka Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu juga diisi pertemuan tertutup dengan delegasiluar negeri dan diakhiri dengan pawaimerah putih di Kota Kajen Kabupaten Pekalongan. (adi/nuo)

"Saya ucapkan selamat datang kepada para ulama sufi dari 38 negara dan peserta konferensi ulama sufi internasional di Pekalongan Jawa Tengah," tutur Presiden Joko Widodo

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 13:14 WIB

Presiden Bolivia Juga Positif Corona

Internasional

Kepala negara kedua di Amerika Latin yang positif covid setelah Brazil.

10 Jul 2020 12:40 WIB

9 Bulan Jadi Presiden Sementara Bolivia, Anez Terinfeksi Corona

Internasional

Presiden sementara Bolivia Jeanlne Anez positif virus corona atau Covid-19.

09 Jul 2020 11:35 WIB

Usai Wawancara Presidennya, Beberapa Wartawan Brazil Dikarantina

Internasional

Mereka wawancara dalam jarak dekat sekali.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...