Pembalap Suzuki Alex Rins terus membuntuti Marquez di lap-lap terakhir. (Foto: AFP)

Salip Marquez di Tikungan Akhir, Alex Rins Juarai MotoGP Inggris

MotoGP 25 August 2019 20:55 WIB

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, menjadi juara MotoGP Inggris 2019 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu, 25 Agustus 2019. Rins menjadi juara setelah menyalip Marc Marquez pada tikungan terakhir.

Alex Rins akhirnya finis dengan catatan waktu 40 menit 12,799 detik. Pembalap asal Spanyol itu unggul 0,013 detik dari Marquez yang finis di posisi kedua dan lebih cepat 0,620 detik dari Maverick Vinales yang meraih podium ketiga.

Balapan MotoGP Inggris sudah berlangsung ketat sejak awal lap pertama. Insiden menimpa Andrea Dovizioso dan Fabio Quartararo. Kedua pembalap tersebut terjadi ketika selesai melewati tikungan pertama setelah start.

Marquez yang mengawali balapan di pole position langsung menguasai barisan terdepan. The Baby Alien diikuti Valentino Rossi, Alex Rins, dan Maverick Vinales.

Rins kemudian menyalip Rossi pada lap kedua. The Doctor kemudian kehilangan posisi lagi setelah disalip Vinales pada lap keenam.

Memasuki lap ketujuh, Rins sempat menyalip Marquez. Namun, situasi itu tak bertahan lama karena Marquez kembali menyalip Rins setelah tikungan kelima.

Rins kembali menyalip Marquez pada lap kesembilan. Namun, lagi-lagi Marquez kembali menyalip Rins. Sejak saat itu, Rins tak lagi memberikan ancaman berarti buat Marquez.

Pada dua lap terakhir, Rins kembali mengancam Marquez. Rins hanya tertinggal 1,7 detik dari Marquez dan terus memberikan tekanan.

Drama akhirnya terjadi pada lap terakhir. Alex Rins berhasil menyalip Marc Marquez pada tikungan terakhir menjelang finis dan mengukuhkan diri sebagai juara MotoGP Inggris 2019.

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) gagal menyelesaikan lomba setelah terjatuh di Tikungan 1 usai start. Andrea Dovizioso (Ducati Team) tak bisa menghindari motor Quartararo yang tergelincir ke jalurnya sehingga sang pebalap Ducati itu ikut terpelanting ke gravel hingga motornya terbakar.

Sementara itu, Rossi, yang start dari posisi 2, gagal naik podium dan harus puas finis posisi 4 diikuti oleh pebalap tim independen Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Pebalap tuan rumah Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) finis posisi 6 menungguli Danilo Petrucci (Ducati Team) di posisi 7.

Jack Miller (Pramac Racing) finis posisi 8 di depan Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) dan Andrea Iannone (Aprilia Racing Team Gresini) yang melengkapi peringkat 10 besar hari itu.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) yang kembali membalap setelah absen delapan pekan karena cedera tulang belakang mendapati dirinya finis posisi 14.

Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) bersenggolan dengan Miguel Oliviera (Red Bull KTM Tech) di Tikungan 14 dan gagal menyelesaikan lomba dengan 11 lap tersisa. (wit)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Sep 2020 19:24 WIB

Joan Mir Usung Semangat Berlipat di MotoGP Misano 2020

MotoGP

Ia sangat bersemangat setelah meraih bagus di dua seri terakhir.

02 Sep 2020 15:16 WIB

Pol Espargaro Belum Bisa Bandingkan KTM karena Marc Marquez Absen

MotoGP

Menurutnya, tanpa pembalap terbaik, KTM belum bisa mengujur performa merek.

27 Aug 2020 16:33 WIB

Messi Jadi Rider Repsol Honda, Ini Tanggapan Konyol Marquez

MotoGP

Marquez berkomentar dengan nada bercanda soal Messi kenakan baju balap

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...