Deddy mengikuti salat magrib berjamaah yang diimami KH Maruf Amin. (Foto: nu for ngopibareng.id)

Salat Pertama Deddy Corbuzier, Begini Kesan Para Tokoh

Khazanah 22 June 2019 06:48 WIB

Deddy Cobuzier menyita perhatian saat mengikrarkan dirinya masuk Islam. Usai membacakan dua kalimat syahadat di Pondok Pesantren milik Gus Miftah di Yogyakarta, Deddy Cobuzier kembali ke Jakarta, Jumat 21 Juni 2019.

Di ibukota, Deddy langsung menyambangi rumah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non-aktif, KH Maruf Amin. Saat tiba di kediaman sang kyia, Deddy langsung disambut Ustaz Yusuf Mansyur.

Tiba di saat waktu magrih telah tiba, Deddy yang dipersilahkan masuk ke kediaman Maruf Amin langsung diajak menjalani sholat berjamaah bersama tamu yang hadir.

Berdiri disamping sahabat yang membimbingnya masuk Islam, Gus Miftah, Deddy mengikuti salat magrib berjamaah yang diimami KH Maruf Amin.

Usai menjalani Salat berjamaah, Yusuf Mansyur mengapresiasi Deddy yang sudah mengetahui gerakan sholat dan wudhu.

"Wudhu gampang tinggal ikutin saja. Sudah belajar (Islam) 8 bulan (Deddy)," kata Yusuf Mansur.

Usai menjalani Salat berjamaah, Yusuf Mansyur mengapresiasi Deddy yang sudah mengetahui gerakan sholat dan wudhu. "Wudhu gampang tinggal ikutin saja. Sudah belajar (Islam) 8 bulan (Deddy)," kata Yusuf Mansur.
Deddy bersama KH Said Aqil Siroj di Jakarta Foto nu for ngopibarengidDeddy bersama KH Said Aqil Siroj di Jakarta. (Foto: nu for ngopibareng.id)

Serupa dengan Yusuf Mansyur, Gus Miftah juga memuji Deddy yang sudah mengetahui tata urutan wudhu yang benar.

"Alhamdulillah, wudhu berjalan lancar," ujar Gus Miftah.

Ternyata kekasih Deddy Sabrina Khairunissa juga turut hadir dalam acara pertemuan Deddy dan KH. Maruf Amin, Sabrina juga ikut salat berjamaah.

Pada Jumat kemarin, Deddy pun sempat melakukan silaturahmi dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama H Robikin Emhas. Robikin mengaku gembira.

“Alhamdulillah, kami menyambut gembira mendengar Deddy Corbuzier masuk Islam. Semoga Allah subhanahu wata’ala memperkuat keimanan Deddy sehingga dapat memberikan kemaslahatan untuk kemanusiaan dan menebarkan rahmat bagi alam semesta,” kata Robikin pada ngopibareng.id, Sabtu 22 Juni 2019.

Menurut Robikin, Islam merupakan agama yang cinta damai dan anti terhadap kekerasan, radikalisme, apalagi terorisme. Islam dibawa Nabi Muhammad untuk menyempurnakan akhlak. Sehingga menurutnya, Islam mencela siapa pun yang membuat kerusakan di muka bumi.

“Islam itu cinta damai dan anti kekerasan. Jadi, orang bergama harus membangun kehidupan sosial yang harmonis,” ucapnya.

Ia menyatakan, Deddy telah lama menjadi saudara bagi warga NU, yakni sebagai sesama umat manusia (ukhuwah basyariah) dan sesama warga bangsa (ukhuwah wathaniyah). Dan kini, ia bersyukur Deddy karena persaudaraanya semakin lengkap karena masuk Islam (ukhuwah Islamiyah).

Deddy mengaku bergembira karena prosesi sakralnya disaksikan banyak orang. Ia juga menyatakan bahwa dirinya masuk Islam tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Informasi dihimpun ngopibareng.id, Deddy akan diajak sowan ke Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya di Pekalongan, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan agar Deddy mendapatkan keberkahan dari ulama melalui doa Habib Luthfi.

Sementara itu, Deddy Corbuzier, melalui videonya yang diunggah di sejumlah akun pribadinya mengatakan, alasan masuk Islam setelah delapan bulan terakhir mempelajari agama yang dibawa Nabi Muhammad SAW tersebut. Selain itu, sebelum benar benar memilih Islam sebagai agamanya, Gus Miftah meminta Deddy untuk meminta maaf.

"Saya juga dinasihati Gus Miftah. Kata Gus Miftah, kalau mau benar-benar menjadi Muslim yang baik, ente harus minta maaf. Dan itu menjadi dialog yang panjang karena menjadi perdebatan, tapi akhirnya saya merasa memang itu benar," ujar Deddy. (adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 04:27 WIB

Kecerdasan Spiritual dan Intelektual Perkuat Sifat Kepemimpinan

Khazanah

Tausiyah Rais Am PBNU KH Miftachul Akyar

19 Feb 2020 12:23 WIB

KH Ghazali Masroeri, Pakar Ilmu Falak PBNU Meninggal Dunia

Nasional

Kehilangan ulama yang ahli di bidangnya

13 Feb 2020 20:30 WIB

Duka Ustadz Yusuf Mansur Kebumikan Jasad Sang Ayah

Selebriti

Ayah ustadz Yusuf Mansur tutup usia usai mengeluhkan sesak napas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.