Lokasi Gereja Katedral Jakarta dengan Masjid Istiqlal yang berseberangan di pusat Jakarta.

Salat Idul Adha di Istiqlal, Katedral Tunda Misa Minggu Pagi

Nasional 11 August 2019 09:17 WIB

Letak Gereja Katedral Jakarta dengan Masjid Istiqlal yang berseberangan di pusat Jakarta telah menjadi ikon wujud toleransi keberagaman. Salah satu contohnya pada Minggu pagi ini. Gereja Katedral Jakarta sengaja menunda pelaksanaan misa Minggu pagi.

Uskup Agung Mgr Ignatius Suharyo, menjelaskan, penundaan misa Minggu pagi ini karena waktunya bersamaan dengan salat Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal.

"Kami sudah biasa melakukan seperti ini, supaya halaman gereja bisa dimanfaatkan untuk parkir kendaraan jamaah yang akan sholat Ied," kata Uskup Agung.

Masjid Istiqlal juga akan membuka pintunya bagi umat Katolik yang mengikuti kegiatan ibadah Malam Natal dan Natal untuk memarkirkan kendaraan mereka di halaman Masjid.

Senada, Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwandie menjelaskan, soal penjadwalan ulang pelaksanaan ibadah perayaan ekaristi pada Minggu ini.

Biasanya, misa setiap Minggu pagi diadakan pada pukul 06.00 WIB, 08.00 WIB, dan 10.30 WIB. Namun khusus Minggu pagi ini, misa pukul 06.00 WIB ditiadakan. Misa hanya digelar dua kali, yakni pada pukul 10.00 WIB dan pukul 12.00 WIB.

Susyana mengatakan, pengaturan jadwal misa ini demi memberikan keleluasaan bagi umat Muslim untuk melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Apalagi, saat ini sedang ada renovasi pada Masjid Istiqlal sehingga ruang gerak jamaah tidak seperti hari-hari biasanya.

"Ini sebagai bentuk menciptakan kehidupan bertoleransi dan hidup berdampingan yang harmonis antara Gereja Katedral Jakarta dan Masjid Istiqlal," terangnya.

Selain mengatur ulang jadwal misa Minggu pagi, pihak Katedral juga menyediakan lahan parkir bagi umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah salat Idul Adha.

Bentuk toleransi beragama tak melulu diwujudkan dalam tindakan besar. Hal-hal kecil seperti meminjamkan lahan parkir tempat ibadah kepada penganut agama berebeda juga bisa menciptakan keharmonisan antarumat beragama.

Gereja Katedral Jakarta pun sekaligus mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada umat Muslim. "Kami segenap pengurus Dewan Paroki Harian dan umat Gereja Katedral Jakarta, Keuskupan Agung Jakarta, mengucapkan. selamat Hari Raya Idul Adha," ucap Susyana.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 May 2020 03:35 WIB

Orang Mukhlis Tak Bisa Digoda Iblis, Begini Penjelasan Ulama

Islam Sehari-hari

Tausiyah KH Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta

27 May 2020 03:49 WIB

Imam Besar Istiqlal: Ridha pada Allah, Puncak Spiritual Tertinggi

Khazanah

Tetap menjaga keselatan diri bagian dari nilai ajaran Islam

26 May 2020 04:23 WIB

Empat Macam Tangisan karena Allah, Dahsyat Fadhilahnya

Islam Sehari-hari

Tausiyah Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...