Salah Satu Pembunuh Khashoggi Telpon Bosnya, Tugas Sudah Selesai

14 Nov 2018 12:50 Internasional

Salah seorang pembunuh wartawan senior Arab Saudi Jamal Khashoggi dari dalam kantor Konjen Arab Saudi menelpon seseorang dan mengatakan,”katakan pada bos Anda bahwa tugas sudah diselesaikan.”

Dilaporkan Daily Sabah hari Rabu yang mengutip The New York Times, yang dimaksud ‘bos Anda’ itu adalah Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman. Kontak dari salah satu pembunuh itu berlangsung 2 Oktober, sesudah Jamal Khashoggi masuk ke Konjen untuk mengurus dokumen rencananya perkawinannya dengan perempuan Turki, Hatice Cengiz.

Laporan itu juga menyatakan bahwa dari rekaman yang dimiliki polisi Turki itu, yang menelpon seseorang itu adalah  Maher Abdulaziz Mutreb, salah satu dari 15 orang Saudi   dikirim ke Istanbul untuk membunuh Jamal Khashoggi. Dalam rekaman terdengar suara Maher dalam bahasa Arab.

Maher diyakini berbicara dengan salah satu pembantu putra mahkota di Riyadh, agar melaporkan kepada bosnya bahwa tugas tim yang dikirim ke Istanbul sudah selesai dilaksanakan.

"Meskipun dalam pembicaraan telepon jarak jauh itu tidak disebut nama putera mahkota, tetapi pejabat intelijen percaya 'bos' adalah referensi untuk Pangeran Mohammed," tulis Daily Sabah, koran berpengaruh di Turki. (nas)

Reporter/Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini