Sakit Al Ghazali Keturunan dari Ahmad Dhani

25 Sep 2018 14:05 Selebriti

Musisi Ahmad Dhani mengungkap penyakit langka yang diidap anak sulungnya, Al Ghazali. Menurut ayah lima anak ini, Al mengidap Erythema Multiforme Major (EMM) yang menyerang bibir dan kelamin.

Dhani meyakini, penyakit tersebut dipengaruhi faktor keturunan. "Sepertinya keturunan karena cuma saya dan Al generasi kedua. Itu 1 dari 1.500 laki-laki," kata Dhani.

Suami Mulan Jameela ini mengaku menderita penyakit yang sama ketika berusia 20 tahun. Gejala yang dialaminya muncul di kelamin saja, sedangkan Al juga mengalaminya di bibir.

"Kan bundanya (Maia Estianty) juga berpengalaman dengan saya. Pas saya umur 20-an kan kena penyakit itu," ungkap Dhani.

Dikutip dari Medscape, EMM merupakan kondisi akut pada kulit yang berulang dan bisa sembuh sendiri alias self limited. Diyakini sebagai reaksi hipersensitifitas tipe IV, dan berhubungan dengan infeksi dan pengobatan tertentu atau sebab lain.

Istilah mayor dan minor pada Erythema Multiforme menunjukkan derajat keparahan gejala. Disebutkan juga, EMM lebih parah berpotensi mengancam nyawa.

"Jadi ciri-cici sakit (EMM) itu adalah yang diserang itu, mohon maaf ya, kelamin. Dan Al bibir juga kena. Kalau saya yang diserang kelamin saja. Jadi kalau diserang penyakit itu harus istirahat," tutur Dhani.

Sebelumnya, Dhani juga mengaitkan kondisi Al dengan Stevens Johnson Syndrome. Penyakit langka yang dipicu oleh reaksi terhadap infeksi maupun obat ini ditandai dengan kulit mengelupas. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini