Tengkleng Kambing Bumbu Cardamon, Bahan Minyak Kayu Putih

26 Mar 2019 14:20 Coffee & Resto

Bagi Anda penggemar daging kambing, pasti sudah tidak asing dengan menu makanan tengkleng yang menggunakan tulang kambing yang dimasak seperti sup atau gulai.

Namun, menu tengkleng yang disajikan kali ini menggunakan iga kambing yang berpadu dengan beragam bahan lainya seperti cardamon, marangi, cengkeh, daun jeruk, dan Serai.

Chef Sumarno selaku Exsekutif Chef Oakwood Hotel and Residence Surabaya menjelaskan proses pembuatan tengkeleng tersebut, pada awalnya tengkleng iga kambing ditumis bersama dengan bahan lainya hingga aromanya keluar, kemudian diberi air untuk direbus selama 45 menit kemudian dimasukan kedalam kuah.

Tampilan tengkleng iga kambing bumbu cardamon Fotoistimewa
Tampilan tengkleng iga kambing bumbu cardamon. (Foto:istimewa)

Perbedaan yang khas pada tengkeleng ini ialah penggunaan bahan dari bumbu cardamon yang digunakan dalam pembuatan minyak kayu putih sehingga akan menghasilkan aroma yang lebih wangi dan sedap pada tengkeleng tersebut.

"Tengkleng kami berbeda karena menggunakan cardamon yang biasanya digunakan untuk bahan minyak kayu putih. Dengan menggunakan cardamon aroma tengkleng menjadi lebih khas dan gurih," ujar Sumarno.

Menurutnya, hidangan tengkleng ini sangat cocok disajikan dengan nasi maupun lontong serta taburan bawang goreng di atasnya lalu ditambah dengan emping dan sayuran segar seperti tomat.

"Kalau suka pedas bisa juga ditambahkan sambal bawang sesuai selera," imbuh Sumarno. (pita)

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini