Sony Play Station 5. (Foto:Ant)

Saingi Xbox, Sony PS5 Bakal Meluncur November

Gadget 17 September 2020 09:35 WIB

Kabar baik pagi penggemar konsol gim dari Sony. Play Station generasi ke lima atau PS5, dikabarkan akan meluncur pada November dengan kisaran Harga USD 499 atau sekitar Rp7.4 juta.

Pada seri terbarunya, Sony menyediakan varian tanpa dilengkapi disk drive. Konsol yang dominan dengan warna putih itu mengadopsi gaya hidup yang populer saat ini, yaitu memanfaatkan unduhan digital.

Beberapa judul gim yang disiapkan untuk konsol ini, antara lain Final Fantasy XVI dari Square Enix, kemudian God of War dari Santa Monica Studio milik Sony, dan gim role playing, Harry Potter. Gim baru ini menambah sederet judul yang telah diumumkan sebelumnya, seperi Spider Man milik Marvels:Miles Morales dari studio in house Insomniac Game, di Juni lalu.

Selain itu, Sony juga menawarkan pelanggan Play Station Plus atas akses terhadap katalog gim lawas milik Play Station 4.

Munculnya PS5 kini menjadi kompetitor sengit Xbox yang juga turun dengan kisaran harga serupa. Analis perusahaan analisi gim Nezwoo, Guilherme Fernandes mengatakan jika Sony mencari peluang lebih luas dengan menurunkan varian digital. Varian tanpa disk drive ini lebih murah, dikisaran USD399. "Menawarkan diskon penting dalam kinerja dan perangkat lunak,' katanya.

Selain itu, deretan judul gim fantastis menunjukkan Sony merangkul pasar dengan brand ekslusif, sedangkan Microsoft Xbox bermain di harga yang lebih murah, "untuk menarik konsumen masuk ke ekosistem Xbox," kata konsultan di Kantan Games, Serkan Toto. Xbox sebelumnya mengkonfirmasi peluncuran Xbox Series S dengan harga USD 299 atau sekitar Rp4,4 juta.

Secara umum, industri gim disebut tumbuh akibat konsumen yang kini banyak di dalam rumah selama pandemi Covid-19. Saham Sony pun terkatrol hingga 46 persen pada pertengahan Maret.

Rencananya, PS5 akan dijual pada 12 November di Amerika serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. PS5 akan meluncur di seluruh dunia pada 19 November. (Rtr)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

22 Sep 2020 00:20 WIB

5 Fakta Mahasiswi Diperkosa Bergilir 6 Pria dalam Kondisi Mabuk

Kriminalitas

Korban diperkosa secara bergilir dalam kondisi mabuk.

Terbaru

Lihat semua
22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop
22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...