Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melakukan rapat dengan Pemda Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik terkait dengan PSBB. (Foto: Alief Sambogo/ngopibareng.id)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melakukan rapat dengan Pemda Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik terkait dengan PSBB. (Foto: Alief Sambogo/ngopibareng.id)

Khofifah Siapkan Pergub PSBB untuk Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo

Ngopibareng.id Jawa Timur 19 April 2020 18:25 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika tiga wilayah di Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, akan menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk melawan pandemi covid-19. Keputusan itu menjadi hasil rapat bersama yang dihadiri tiga pimpinan daerah di Gedung Grahadi, Surabaya, Minggu 19 April 2020.

“Kami ingin menyampaikan dari diskusi yang berjalan sangat konstruktif, pertemuan yang produktif,” kata Khofifah, di Gedung Grahadi, Minggu 19 April 2020.

Khofifah memaparkan, dalam pertemuan yang dihadiri oleh Kapolda Jawa Timur, Kasdam V Brawijaya, Wakil Gubernur Jatim, dan Sekda Provinsi Jatim, kepala daerah bersama tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim telah memaparkan berbagai langkah yang dilakukan di masing-masing daerah, untuk menekan angka infeksi covid-19.  

Namun, melihat penyebaran covid-19 di tiga wilayah tersebut, forum pertemuan itu kemudian menyepakati diberlakukannya PSBB di tiga wilayah tersebut. “Maka tadi  bersama-sama kami mengambil kesepakatan bahwa hari ini Kota Surabaya, sebagian Kabupaten Gresik, dan sebagian Kabupaten Sidoarjo, sudah saatnya diberlakukan PSBB,” kata Khofifah.

Berikutnya, masing-masing daerah akan melibatkan Polda, Kodam, dan juga DPRD setempat, untuk membahas Peraturan Walikota dan Peraturan Bupati, berpedoman pada Peraturan Gubernur. “ Masing-masing kota dan dua kabupaten, akan membahas secara detil dari draft Peraturan Gubernur yang sedang kami siapkan. Tentu kami akan teruskan surat resmi ke kepada Menteri Kesehatan,” lanjutnya.

Sementara, ditemui usai pertemuan, Koordinator Protokol Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 M. Fikser mengatakan jika pihak Pemkot Surabaya akan membahas lebih lanjut secara internal tentang persiapan penerapan PSBB di Surabaya.

Pertemuan dengan gubernur menurutnya akan dilanjutkan dengan menyusun teknisnya, termasuk menetapkan kapan PSBB akan dilakukan.  “Saya tak bisa katakan sekarang. Kan baru hari ini bertemu dengan gubernur. Nanti saya sampaikan lagi ,” katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jan 2021 15:50 WIB

Busana Kamala Harris Diprediksi The Simpsons sejak 21 Tahun Lalu

Internasional

Busana Kamala Harris serba ungu mirip Lisa Simpsons.

24 Jan 2021 15:27 WIB

Satpol PP Surabaya Sebut Aksi Penggalangan Dana Harus Ada Izin

Surabaya

Sesuai Perwali Nomor 55 Tahun 2017

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...