Sah! Adi Sutarwijono Ketua Baru PDIP Surabaya

16 Jul 2019 23:42 Politik

Konferensi Cabang (Konfercab) Lanjutan PDI Perjuangan Kota Surabaya resmi berakhir. Hasilnya, mandat Ketua DPC PDIP Surabaya periode 2019-2024 sah dipegang oleh Adi Sutarwijono alias Awi. Ia menggantikan ketua sebelumnya yakni Whisnu Sakti Buana.

Secara langsung, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat memimpin konfercab yang sempat kisruh tersebut. Nampak pula Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun, di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya.

Konfercab lanjutan ini digelar Selasa, 16 Juli 2019, pukul 17.00 WIB. Namun entah apa penyebab acara yang digelar tertutup ini hingga berjalan cukup lama sampai pukul 22.30 WIB, malam.

"Syukur alhamdulillah konfercab sudah selesai dan berakhir baik. Inilah dinamika Surabaya, biasanya Surabaya kan ngomong di depan. Tapi setelah dijelaskan dengan semangat musyawarah mufakat," kata Djarot, ditemui usai memimpin Konfercab.

Djarot menyebut, protes sejumlah pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang sempat tak setuju dengan keputusan DPP menunjuk Adi itu adalah dinamika politik yang baik.

"Saya suka budaya Surabaya ini ngomongnya blak-blakan, saya setuju. Ini adalah karakter kader PDI Perjuangan karena mereka sadar betul diikat dengan ideologi yang sama, semangatnya sama," ujar dia.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut saat Konfercab tadi, Whisnu telah mengatakan bahwa dirinya siap menerima segala keputusan yang dibuat oleh PDIP. Baik terpilih maupun tidak.

"Tadi Pak Whisnu sudah menyampaikan bahwa sebagai seorang kader siap ditugaskan atau tidak ditugaskan. Nanti ada penugasan-penugasan lain," kata dia.

Kini, kata Djarot tugas utama DPC PDIP Surabaya adalah konsolidasi PAC hingga ke tingkat ranting untuk menyiapkan langkah partai jelang Pemilihan Wali Kota Surabaya 2020 mendatang

"Tugas utama PDIP sekarang adalah konsolidasi sampai tingkap PAC sampai ranting dan menyiapkan untuk 2020 pemilihan wali kota," ujar dia.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Surabaya terpilih Awi, mengatakan meski memakan waktu berjam-jam lamanya Konfercab lanjutan ini berjalan lancar. Tanpa ada insiden seperti sebelumnya.

"Gak (alot) lancar. DPP sudah turun kemudian memimpin, Konfercap sudah selesai," kata dia.

Setelah ini kata Awi, di bawah pimpinanannya PDIP Surabaya akan segera menggelar konsolidasi internal untuk mengkonsolidasikan seluruh jaringannya jelang Pilwali Surabaya 2020.

"Tentu konsolidasi internal itu diinstruksikan untuk segera mengkonsolidir seluruh jaring kekuatan PDIP apalagi menghadapi Pilkada (Pilwali) 2020 yang mepet. Kemudian juga menghadapi tahapan-tahapan konferda, kongres, Agustus nanti sudah harus selesai," kata dia.

Konfercab lanjutan ini adalah buntut dari gaduhnya protes PAC atas keputusan DPP PDIP yang memutuskan Adi Sutarwijono menjadi Ketua DPC Surabaya yang baru, menggantikan Whisnu Sakti Buana. Protes sejumlah PAC ini disampaikan dalam Konfercab di Empire Palace Surabaya pada Minggu, 7 Juli lalu. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini