Ilustrasi: Fa Vidi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi: Fa Vidi/Ngopibareng.id)
Kolom Khas

Saatnya Politisi Puasa Bicara

Ngopibareng.id As’ad Said Ali 22 January 2021 05:17 WIB

Allah Subhanahu wa-ta'ala (SWT) menurunkan Covid-19 tentunya bukan tanpa tujuan. Sudah pasti untuk kepentingan umat manusia itu sendiri. Hanya kita belum tahu apa rahasia di balik wabah (global) yang berlangsung selama sekitar satu tahun. Kita masing-masing bisa mempelajarinya untuk kepentingan bangsa kita?.

Seingat saya wabah Covid-19 pertama terjadi di Wuhan, provbinsi China Tengah. Dikabarkan asal muasal wabah berasal dari pasar pusat penjualan hewan liar (kera, kelelawar, ular) untuk dimakan manusia, salah satu kebiasaan di negara tersebut misalnya santapan otak monyet.

Lalu muncul berita dari peneliti Israel tentang adanya kebocoran laboratorium senjata biologi AB Cina di Wuhan. Pemerintah China balik menuduh delegasi militer dari Amerika Serikat yang berkunjung ke China sengaja membawa virus jahat tersebut.

Awal beredarnya isu tersebut terjadi pada akhir 2019 dan awal tahun 2020, bertepatan dimulainya puncak musim dingin. Dan biasanya penyakit flu / pernafasan (corona) itu bermula pada musim dingin. Virus yang menempel pada binatang liar misalnya di tubuh kera mencari udara hangat pindah ke tubuh manusia, jadilah virus.

Covid-19 cepat menyebar ke seluruh dunia, sebab Wuhan adalah pusat industri di China dan terkoneksi dengan tempat strategis di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia yang mulai tertular pada awal Februari 2020.

Singapura lebih sigap dalam menyikapi Covid-19 karena pada 2002 mempunyai pengalaman serangan virus SARS (yang juga berasal dari daratan China) yang mengakibatkan jumlah korban cukup besar. Ekonomi Singapura mengalami kehancuran karena SARS yang hanya mengamuk selama tiga bulan. Oleh karena itu negara jiran mempunyai SOP bagaimana mengatasi Covid 19.

Tahun 2002 Indonesia sedikit sekali mengalami serangan SARS dengan korban meninggal bisa dihitung dengan jari. Tetapi bukan sama sekali tidak siap, karena SARS 2002 itu Indonesia membuat UU Karantina. Beberapa minggu setelah Covid-19 mewabah, baru orang teringat Indonesia mempunyai UU Karantina Kesehatan, seingat saya para ahli kesehatan dari Universitas Indonesia yang mulai angkat bicara karena mereka yang saya dengar menjadi pemrakarsanya.

Indonesia termasuk yang cukup cepat dalam menangani, meskipun tidak sesigap Singapura. Negara-lah yang harus dipercaya menjadi ujung tombak penanganan Covid-19. Rakyat memberi dukungan dan politisi lebih baik puasa untuk tidak memolitisasi wabah Covid-19.

Jangan teruskan pro-kontra soal vaksinasi, bikin bising. Lebih baik bijaksanalah! Kalau sudah terbukti oke, apalagi gratis, yakin rakyat akan ikut.

DR As'ad Said Ali

Pengamat sosial politik, tinggal di Jakarta.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Mar 2021 23:35 WIB

20 Menit Terbang, Batik Air Mendarat Darurat 5 Penerbangan Batal

Nasional

Batik Air mendarat darurat di Jambi.

06 Mar 2021 23:26 WIB

Miley Cyrus akan Gabung di Perusahaan Rekaman BTS

Musik

Miley Cyrus tinggalkan RCA dan bergabung di Columbia Records.

06 Mar 2021 23:11 WIB

Persela Lamongan Rekrut Eks Timnas Indonesia U-19

Liga Indonesia

Persela Lamongan rekrut eks Timnas Indonesia U-19, Alvian Sanyi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...