Peralatan dan kendaraan militer bagian dari sistem pertahanan udara S-400 sedang diturunkan dari pesawat transportasi Rusia di pangkalan militer Murted, Ankara, Turky, 12 Juli 2019. (Foto:voa)

Saat Sistem Rudal Dikirim Rusia ke Turki, AS pun Khawatir

Internasional 14 July 2019 22:33 WIB

Rusia terus menerus mengirim sistem rudal S-400 ke Turki untuk hari kedua berturut-turut. Ini suatu langkah yang bisa merugikan hubungan Turki-AS dan mengancam aliansi NATO.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan sebuah pesawat kargo Rusia keempat mengantar komponen S-400 tambahan ke Pangkalan Udara Murted dekat ibu kota Turki, Ankara, Sabtu 13 Juli, mengabaikan berbagai ancaman sanksi AS terhadap negara Timur Tengah itu.

Sebuah jet transportasi Rusia pada Jumat 12 Juli lalu, mengantar bagian pertama dari sistem rudal bernilai 2.2 miliar dolar, memicu keprihatinan dari Belgia sampai AS.

AS mengatakan S-400, dengan radar canggih yang berpotensi digunakan untuk menarget jet-jet NATO, mengancam akan mengganggu sistem militer NATO di Turki. AS akan berhenti mengirim jet F-35 terbarunya apabila rudal-rudal Rusia itu dikerahkan. Selain itu, perusahaan-perusahaan Turki bisa kehilangan kontrak untuk membangun bagian-bagian F-35 yang mahal dan rumit. (voa)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Feb 2020 14:07 WIB

Dicoret dari Daftar Negara Berkembang, Ini Konsekuensi Indonesia

Nasional

Dampak bagi Indonesia jika dicoret sebagai negara berkembang.

23 Feb 2020 09:32 WIB

Jejak Dakwah Bung Karno di Rusia, Temukan Makam Imam Bukhari (2)

Khazanah

Makam sang pengumpul hadits di Masjid Biru St. Petersburg Rusia

23 Feb 2020 07:23 WIB

Jejak Dakwah Bung Karno di Rusia, Temukan Makam Imam Bukhari (1)

Khazanah

Peran Indonesia di Masjid Biru St. Petersburg Rusia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.