PP Kagama dan Pengda Kagama se Indonesia foro bersama Presiden Jokowi di halaman Istana Negara. (Foto Istimewa)

Saat Kagama Menghadap Anggotanya yang Jadi Presiden RI

Nasional 02 March 2020 19:08 WIB

Apa yang terjadi saat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bertamu ke Presiden RI Joko Widodo di Istana? Gayeng dan membuat presiden yang juga anggota Kagama ini tampak rileks.

Ini terjadi saat Pimpinan Pusat Kagama yang baru beserta seluruh Ketua Pengda se Indonesia berudiensi ke presiden. Saat menerima Kagama, alumnus Fakultas Kehutanan UGM ini didampingi  Mensesneg Pratikno yang juga anggota Kagama.

Kagama bertemu khusus Presiden Jokowi di Istana untuk melaporkan hasil Munas Kagama ke 13 di Bali, 15 Nopember 2019 lalu. Biasanya, Presiden Jokowi hadir. Namun, saat itu, ia tidak jadi membuka Munas karena kesibukan agenda kenegaraan yang lain.

"Sebetulnya, saat itu, saya ingin sekali untuk hadir di Munas. Namun karena urusan kenegaraan yang banyak membuat saya tidak bisa menghadirinya," katanya di Istana Negara, Senin, 2 Maret 2020.

Presiden menyampaikan berbagai persoalan bangsa ini terkait dengan adanya wabah virus Corona yang menyebar di seluruh dunia. Ia mengakui bahwa wabah ini akan memberi dampak kepada pertumbuhan ekonomi dunia maupun Indonesia.

Usai bertemu Presiden Jokowi di Istana NegaraUsai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara.

Sebelumnya Ketua Umum Kagama Gnjar Pranowo melaporkan hasil Munas Kagama ke 15 di Bali. Selain terbentuknya kepengurusan baru, juga dilaporkan tentang berbagai rekomendasi sebagai masukan kepada Pemerintahan Jokowi.

Ia juga menyampaikan hasil pembicaraan bersama para pengurus Kagama untuk ambil bagian dalam ikut mengatasi wabah virus Corona. Diantaranya dengan mengerahkan para dokter dan ahli kesehatan alumnus UGM yang tersebar di berbagai daerah.

"Kagama berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah di berbagai tingkatan untuk mengatasi masalah ini bersama. Juga berusaha untuk mengatasi kepanikan yang terjadi di dalam masyarakat," kata alumnus UGM yang juga Gubernur Jateng ini.

Di akhir pertemuan, Ganjar menyerahkan dokumen hasil Munas Kagama ke 13 di Bali. Rektor UGM Panut Mulyono juga menyerahkan buku berisi berbagai masukan UGM ke pemerintahan Jokowi.

Usai bertemu selama hampir sejam, para pengurus Kagama melakukan foro bersama presiden di depan Istana. Meski sedang menghadapi tekanan berat karena wabah Corona, di depan para anggota Kagama, Presiden Jokowi tampak selalu berusaha tersenyum.

Penulis : Arif Afandi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Jun 2020 15:10 WIB

IKA UNSRI dan BNI Gelar Uji Swab Gratis di Palembang

BNI Peduli

BNI dan IKA UNSRI kolaborasi lakukan tes swab gratis.

07 Jun 2020 14:55 WIB

Pasca PSBB, Risma Ajukan Rapid Test untuk Pegawai Mal dan Toko

Surabaya

PSBB Surabaya berakhir pada Senin 8 Juni 2020.

07 Jun 2020 14:50 WIB

China Buat Lagi Aplikasi Mirip TikTok, Namanya Zynn, Berhadiah

Aplikasi

Aplikasi buatan China ini malah populer di Amerika Serikat

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...