Kuliah S1 Akuntansi di UNUSA memiliki keunggulan dibanding kuliah di tempat lain, selain fasilitas yang serba digital, kelulusannya mudah mendapatkan pekerjaan. (Foto : Humas UNUSA)
Kuliah S1 Akuntansi di UNUSA memiliki keunggulan dibanding kuliah di tempat lain, selain fasilitas yang serba digital, kelulusannya mudah mendapatkan pekerjaan. (Foto : Humas UNUSA)

S1 Akuntansi UNUSA, Mudah Dapat Pekerjaan Lho..

Ngopibareng.id Unusa Gateway 03 May 2018 12:15 WIB

Bagi Anda yang tidak diterima di perguruan tinggi negeri, tidak usah berkecil hati. Apalagi tidak masuk di jurusan akuntansi. Anda bisa meraih cita-cita menjadi sarjana akuntansi, bahkan keilmuan anda sebagai sarjana akuntansi akan mendapatkan lebih.

Bagaimana solusinya untuk mendapatkan itu semua? Solusinya, kuliah saja di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Kuliah di S1 akuntansi UNUSA, anda akan dicetak menjadi generasi yang berjati diri Islami, berjiwa wira usaha, dan mudah mendapatkan pekerjaan baik di perbankan yang mengembangkan akuntansi syariah maupun non syariah, maupun di perusahaan-perusahaan lainnya.

Baiklah, kita akan membahas keunggulan kuliah di jurusan Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Menurut Sekretaris Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUSA, Hidayatul Khusnah,S.Pd, M.Sc mengatakan keunggulan jurusan akuntansi di UNUSA ini tidak hanya mendapatkan ilmu yang berorientasi 'menghitung bunga' saja yang secara umum bisa didapat di semua perguruan tinggi lainnya.

Di S1 Akuntansi UNUSA ini anda akan dibekali mata kuliah khusus yaitu Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah, dimana dua mata kuliah ini menjadi mata kuliah wajib, bukan pilihan atau diberikan saat anda memilih sub jurusan syariah. "Saat ini hampir semua perbankkan pasti memiliki syariah. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem keuangan syariah, sehingga perlu tenaga yang benar-benar memahami bidang itu," katanya.

Jadi ketika mereka lulus, lanjut Hidayatul, generasi-generasi jebolan UNUSA selain berjati diri Islami dan berjiwa wira usaha, mereka juga memiliki bekal, modal yang matang tentang keuangan syariah tersebut.

Bagaimana akuntansi syariah itu? Dalam mata kuliah Akuntansi Syariah dan Akuntansi Perbankan Syariah membahas lengkap seperti apa yang namanya 'murobbaha'. Sehingga awalnya tidak tahu bagaimana 'murobbaha' itu menjadi tahu dan paham. "Misalnya kalau menabung itu ada akadnya, pinjam pun juga sama, harus ada akadnya. Kalau tidak demikian maka bisa 'riba' nanti," katanya. 

Inilah mata kuliah wajib yang diberikan di perkulihan S1 Akuntansi UNUSA. "Jadi karena ini merupakan keunggulan ya harus wajib. Ini menjadi pembeda dengan universitas lainnya," ujar Hidayatul.

Akreditasi B

S1 Jurusan Akuntansi UNUSA saat ini telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Ini merupakan suatu kebanggaan bagi UNUSA, karena pada proses pengajuan akreditasi UNUSA belum ada kelulusan. Apabila belum ada kelulusan ada poin-poin tertentu yang kosong.

Namun berkat sumber daya dan kurikulum yang bagus, akhirnya BAN PT memberikan akreditasi B pada S1 Akuntansi UNUSA. "Ini sesuatu yang membanggakan bagi kami. Karena selain kami masih berusia 4 tahun, tapi kami sudah mendapat akreditasi B," kata Hidayatul.

Untuk mendapatkan akreditasi B tersebut tidaklah gampang. Diantara poinnya adalah jurusan tersebut harus sudah ada kelulusan. Padahal S1 Akuntansi UNUSA yang baru berusia 4 tahun dan belum memiliki kelulusan, namun ada poin lain yang mendongkrak kekurangan poin di persyaratan akreditasi, yaitu poin sumber daya pengajar serta kurikulum yang dimiliki.

"Poin-poin yang lainnya di kita tinggi seperti kurikulum, prestasi dosennya, dan keanggotaan dosennya. Jadi dosen kami ikut dalam organisasi profesi seperti kalau akuntansi itu ada IAI, Ikatan Sarjana Managemen, dan Ikatan Sarjana Ekonomi," kata Hidayatul.

Kuliah di S1 Akuntansi UNUSA Paling Murah

Ini salah satu fasilitas perkulihan di UNUSA bernama ESoroganIni salah satu fasilitas perkulihan di UNUSA bernama E-Sorogan

Kuliah di S1 Akuntansi UNUSA untuk standar perguruan tinggi swasta di Surabaya termasuk paling murah biayanya. "SPP persemester cuma 5 juta. Kalau mahasiswa baru ditambah uang gedung 4 juta. Jadi total 9 juta. Nah, tapi bagi mahasiswa baru akan dapat tablet yang akan digunakan sebagai alat perkuliahan," ujarnya.

Lhoo pakai tablet? Ya.. kuliah di UNUSA anda akan menghemat biaya perkulihan, karena kuliah di perguruan tinggi milik Nahdlatul Ulama ini mengembangkan teknologi serba digital, dan ini merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan kecanggihan teknologi informasi.

Apabila anda kuliah di UNUSA, tidak perlu lagi pakai buku, mencari buku-buku literatur, fotocopy literatur, beli pensil atau alat tulis lainnya. Anda cukup berbekal tablet yang diberikan pihak kampus. Bahkan tablet ini akan menjadi asisten pribadi anda selama kuliah di UNUSA.

Mulai mencari buku-buku literasi, melihat jadwal kuliah, praktikum, membuat catatan hasil kuliah, materi perkulihan dosennya, mengerjakan tugas akhir, konsultasi tugas akhir, mengaji (baca Al Qur'an), dan sebagainya, semuanya cukup ada di tablet tersebut. Bagi anda yang ingin sholat subuh tepat waktu tablet itu bisa membangunkan melalui alarmnya.

Selain itu yang lebih canggih anda tidak perlu repot-repot menulis catatan dalam buku, tablet itu sudah cukup canggih. Dia bisa langsung men-translate pembicaraan di kuliah dalam bentuk naskah. Penasaran yaaa?

Magang di tempat perusahaan bonafit di Jawa Timur

Selanjutnya di UNUSA ini mahasiswa diwajibkan untuk magang di perusahaan-perusahaan bonafit. Karena UNUSA sudah bekerja sama dengan perusahaan besar di Surabaya, dan bahkan di Jawa Timur.

"Magang ini wajib bagi mahasiswa kami. Lama magang minimal 1 bulan. Dan di akhir magang mahasiswa dituntut membuat laporan hasil magang kemudian nanti ada sertifikat. Sertifikat itu bisa digunakan sebagai pendamping ijasah ketika akan melamar pekerjaan di sebuah pekerjaan," kata Hidayatul.

Perusahaan besar yang telah bekerja sama dengan UNUSA misalnya ada SIER, dan paling banyak dengan perbankan yang ada di seluruh Jawa Timur. "Selain itu juga ada Toyota, maupun perusahaan otomatif lain yang menerapkan sistem keuangan syariah maupun non syariah," kata Hidayatul.

Diakui Mahasiswa Baru

Salah satu mahasiswa baru yang sedang melakukan pendaftaran ulang di UNUSA Ifa Nurdiana calon mahasiswa asal Probolinggo yang merupakan alumni pondok pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo memilih jurusan S1 AkuntansiSalah satu mahasiswa baru yang sedang melakukan pendaftaran ulang di UNUSA. Ifa Nurdiana, calon mahasiswa asal Probolinggo yang merupakan alumni pondok pesantren Nurul Jadid, Paiton Probolinggo memilih jurusan S1 Akuntansi.

Sementara itu, Ifa Nurdiana seorang mahasiswa baru asal Probolinggo mengaku sangat memilih kuliah di jurusan akuntansi UNUSA karena selain perguruan tinggi milik NU, juga memiliki kualitas pengajar yang baik. "Dulu waktu masih mondok di Paiton, pernah ada teman bilang kuliah di UNUSA itu enak loh, karena kuliahnya cukup membawa tablet saja, gak usah yang buku dan lain-lain," katanya.

Selain itu, lanjut Ifa, kuliah di UNUSA ini biayanya murah. "Saya dapat informasi dari banyak teman yang kuliah di sini. Ternyata memang murah dibanding perguruan tinggi lainnya. Jadi ya saya langsung ke kampus UNUSA," katanya.

Yang membuat tertarik seorang Ifa, katanya, adalah lulusan UNUSA ini mudah mendapatkan pekerjaan. "Ya. kata teman saya yang sekarang bekerja di bank di Probolinggo, dia baru saja lulus dan daftar di bank langsung diterima. Ini yang akhirnya juga saya lebih mantap kuliah di UNUSA," katanya

Di samping itu UNUSA juga mendapat kuota bidik misi dari pemerintah sebanyak 40 orang. "Kebetulan saya dapat bidik misi dari UNUSA. Ini dulu pada saat di pondok, karena pingin di akuntansi ya akhirnya pilih di S1 Akuntansi UNUSA," kata Ifa usai melakukan daftar ulang di UNUSA. (adv/wit)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jan 2021 15:36 WIB

Lima Mahasiswa Unusa Buat Aplikasi Pembelajaran Tata Surya

Pendidikan

Aplikasi ini memudahkan pelajar SD untuk belajar sains.

12 Jan 2021 19:54 WIB

Jadi Ketua Fatayat Surabaya, Ini Program Camelia Habiba

Surabaya

ia mengaku akan bersinergi dengan stakeholder di Kota Surabaya

27 Dec 2020 14:15 WIB

Unusa Raih Akreditasi B untuk Prodi FK

Unusa Gateway

Unusa menerima akreditasi B untuk Prodi FK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...