Silaturahmi NU sedunia berlangsung lewat daring. (Foto: Istimewa)

Rutin Dzulhijah, Silaturahmi NU Sedunia Respon Kondisi Global

26 Jul 2020 08:42

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama Arab Saudi bergerak terus di tengah pandemi Covid-19. Dengan menggelar Silaturahmi NU Sedunia, dengan tema “Penguatan Ukhuwah An-Nahdliyah di tengah Covid-19 dan Ancaman Disintegrasi Bangsa Menuju Perdamaian Dunia”.

Tema diambil sebagai respon atas kondisi pandemi global, juga mencari solusi untuk solidaritas dan perdamaian internasional. Menurut Ketua PCINU Arab Saudi, KH. Imron Masyhudi, agenda silaturahmi Nahdliyin tahun ini menjadi pertemuan rutin, yang istiqomah diselenggarakan, meski pandemi melanda.

“Semua yang terjadi beberapa bulan terakhir ini, semata adalah kuasa dan kehendak Allah SWT. Tak bisa kita hindari. Harus kita hadapi dan lalui. Pandemi Covid 19 tidak boleh menafikkan agenda rutin tahunan yg diselenggarakan bersamaan dengan musim haji,” ungkapnya, Minggu 26 Juli 2020.

“Dengan memegang prinsip Al Muhafadlotu ‘ala al qadiim ash sholih wa al akhdlu bi al jadiid al aslah, agenda tahunan Silaturrahim NU ke-19 se Dunia pada tahun 2020 Miladiyah bertepatan dgn musim haji tahun 1441 Hijriyah tetap digelar PCI Nahdlatul Ulama (NU) Arab Saudi secara daring (online),” jelas Kiai Imron Masyhudi.

Kegiatan PCINU Arab Saudi (Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Arab Saudi) yang didukung PCINU Sedunia dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, menggelar Silaturahmi Nahdiyyin.

Agenda Silaturahmi Nahdiyyin sedunia ke-19 ini digelar secara virtual, pada Sabtu, 25 Juli 2020, jam 20.00-23.00 WIB, atau 16.00-19.00 Waktu Arab Saudi.

Selain silaturahmi online, juga diselenggarakan webinar dgn tema “Peran Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sebagai Duta Diplomasi Bangsa” dan juga sesi Pemberdayaan PCI NU di Seluruh Dunia.

Agenda ini diselenggarakan melalui kanal Youtube dan Facebook PCINU Arab Saudi. Kegiatan Silaturahmi Nahdiyyin ini didukung GP Ansor Arab Saudi, Banser Arab Saudi, Muslimat NU Arab Saudi, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan PCI Nahdlatul Ulama sedunia.

Kegiatan ini dibuka Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA dan Sekjen PBNU, Dr. H. Ahmad Helmy Faishal Zaini, ST (Sekretaris Jenderal PBNU).

Selain itu, beberapa pejabat publik juga tampil pada agenda ini: Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi M.Si (Wakil Menteri Agama RI), Dr. Hj. Ida Fauziyah M.Si (Menteri Ketenagakerjaan RI), Drs. H. Agus Maftuh Abegebriel, M.Ag (Duta Besar RI di Arab Saudi) dan KH @Imron Masyhudi (Ketua PCI NU Arab Saudi).