Rusuh di Minneapolis, WNI dikabarkan aman. (Ilustrasi/Unplash)

Rusuh Minneapolis, KJRI Sebutkan 1.990 WNI Aman

Internasional 31 May 2020 22:24 WIB

Tewasnya George Floyd, penduduk Amerika Serikat keturunan Afrika di tangan polisi Minneapolis memancing protes berkepanjangan. Polisi setempat memperpanjang jam malam dan menurunkan ribuan personel keamanan. Ribuan WNI yang berada di Minnesota dilaporkan dalam kondisi aman.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia KJRI) di Chicago, mengumumkan hal itu pada Minggu, 31 Mei 2020. Penerapan jam malam diikuti oleh kota lain seperti Maple Grove, Robbinsondale, Edina, Broklyn Park, Bloomington, Richfield, Roseville, dan Anoka County.

Selain itu, akses masuk massa melalui menuju kota kembar Minneapolis juga ditutup. Departemen transportasi setenoat menutup lima ruas tol mulai pukul19.00 waktu setempat, Minggu 31 Mei 2020.

Aparat kepolisian juga ditambah mengikuti protes yang juga merembet pada aksi penjarahan. Setidaknya terdapat 2.500 personel pengamanan di Minneapolis. Jumlah ini tiga kali lipat dari kondisi normal, menurut KJRI Chicago. Minnesota National Guard menyiagakan 4.100 personel dan siap menambah hingga 10.800 anggota untuk pengamanan di Minneapolis.

Jumlah ini, menurut Gubernur Minnesota, Tim Walz diuturunkan karena massa yang turun ke jalan melebihi jumlah aksi menentang rasisme di tahun 1960.

KJRI juga menyebut terdapat 70 pengunjurasa yang ditangkap aparat kepolisian.

Dalam keterangan tertulis, KJRI memastikan jika warga negara Indonesia yang berjumlah ribuan di sekitar Minneapolisi dalam kondisi aman.

Setidaknya ada 1.990 WNI yang saat ini tinggal di sembilan kota tempat berlangsungnya unjuk rasa. Sembilan kota itu berada di tujuh negara bagian di daerah Midwest, di antaranya Minnesota, Indiana, Iowa, Ohio, Nebraska, Michigan, dan North Dakota. Daerah tersebut merupakan wilayah kerja KJRI Chicago.

"Sampai dengan jam 12:00 Sabtu malam (30/5), WNI yang ada di kota-kota yang dilanda aksi protes dalam keadaan baik dan aman. Jumlah WNI yang terdapat di kota-kota tersebut adalah: Chicago 864 orang, Minneapolis dan St. Paul 272, Detroit 334, Des Moines 36, Cincinnati 81, Columbus 277, Cleveland 68, Toledo 31, dan Dayton 27," kata KJRI Chicago.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 23:15 WIB

Tol Manado-Bitung Diresmikan, Sulut Akan Berkembang Cepat

Nasional

Peresmian dilakukan secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehata.

29 Sep 2020 22:58 WIB

Viral, Musala di Tangerang Dirusak Al Quran Dicoret

Reportase

Coretan berisi kallimat ujaran kebencian.

29 Sep 2020 22:30 WIB

Disambati Petani, Calon Bupati Kediri Janjikan BPJS

Pilkada

Cabup Kediri disambati harga sayur anjlok di masa pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...