Rusia Tuding AS Gunakan Fosfor Putih di Suriah

10 Sep 2018 14:33 Internasional

Rusia menuduh Amerika Serikat (AS) pada Minggu 9 September 2019 melancarkan pengeboman dengan menggunakan fosfor putih di Suriah timur terhadap target militer di beberapa area sipil, yang dilarang di bawah undang-undang internasional.

"Dua pesawat F-15 Amerika melancarkan pengeboman pada 8 September (Sabtu) yang menargetkan area Hajin di wilayah Deir Ezzor dengan menggunakan amunisi fosfor pembakar," kata jenderal Rusia Vladimir Savtchenko dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Antara 10 September 2018.

"Tiga serangan menyebabkan kebakaran dahsyat. Kami sedang mengklarifikasi informasi yang berhubungan dengan kemungkinan adanya korban jiwa dan terluka," kata dia.

Di Suriah, ekstremis ISIS masih menguasai sebuah daerah kantung di Deir Ezzor antara Sungai Efrat dan perbatasan Irak, dan juga reruntuhan di gurun Suriah.

Sebuah koalisi internasional yang dipimpin AS membantu koalisi pejuang Kurdi dan Arab dari Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/FDS) yang sudah berbulan-bulan melancarkan serangan guna mengusir ISIS. (ant)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini