Masjid Prophet Mohammed di Chechnya, Rusia.

Rusia Resmikan Masjid Nabi Muhammad Terbesar di Eropa

Internasional 25 August 2019 12:10 WIB

Prophet Mohammed atau Nabi Muhammad, nama masjid di Chechnya, Rusia. Masjid ini tercatat sebagai masjid terbesar di Eropa. Masjid yang berdiri di negeri Presiden Vladimir Putin ini, diresmikan pada Jumat 23 Agustus lalu.

Masjid ini terletak di Shali, sebuah kota berpenduduk 54.000 jiwa di luar Grozny. Chechnya merupakan wilayah otonom di Rusia yang dipimpin Ramzan Kadyrov. Dia adalah pemimpin Muslim yang merupakan sekutu Presiden Putin.

Saat diresmikan, masjid keren itu dipenuhi para pejabat lokal dan asing, termasuk delegasi dari Arab Saudi. "Masjid ini unik dalam desainnya, dan megah dalam ukuran dan keindahannya," kata Ramzan Kadyrov, dikutip Reuters.

Masjid didekorasi dengan marmer, ditanami bunga dan dihiasi air mancur itu memiliki kapasitas 70 ribu orang. Otoritas Chehcnya menggambarkan Masjid Prophet Mohammed tak hanya yang terbesar, tapi terindah di Eropa.

Ramzan Kadyrov sejak ditunjuk oleh Putin pada 2007 untuk memimpin Chechen yang mayoritas penduduknya pemeluk Islam, telah berusaha menghidupkan kebangkitan Islam di Chechen.

Upaya yang dilakukannya diantaranya membangun masjid-masjid mewah. Pada 2008 ia meluncurkan "Heart of Chechnya", sebuah masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah di Grozny.

Kota Grozny pernah porak-poranda akibat perang antara Moskow dengan sejumlah kelompok separatis setelah pada 1991 Uni Soviet pecah.

Ramzan Kadyrov telah dikritik oleh kelompok-kelompok pembela hak asasi manusia (HAM) atas pelanggaran HAM yang meluas di wilayah tersebut. Namun, tuduhan itu ia bantah.

Para pendukungnya memuji Ramzan Kadyrov karena mampu membawa kedamaian dan stabilitas di wilayah yang kacau selama bertahun-tahun oleh pemberontakan.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...