Ilustrasi

Rupiah Kembali Melemah, Hari Ini Menyentuh Rp14,478 per Dolar AS

Ekonomi dan Bisnis 07 August 2018 10:19 WIB

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa 7 Agustus 2018 pagi kembali bergerak melemah sebesar 15 poin menjadi Rp14.478 dibanding sebelumnya Rp14.463 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail di Jakarta, mengatakan mata uang dolar AS cenderung menguat terhadap sejumlah mata uang dunia termasuk rupiah disebabkan oleh eskalasi perang dagang yang meningkat antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Dolar AS kembali menjadi `save heaven` sehingga menopang pergerakannya terhadap mata uang lainnya," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan kedua 2018 yang tumbuh sebesar 5,27 persen (yoy), kemungkinan belum akan cukup banyak membantu pergerakan rupiah hari ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan II-2018 tumbuh 5,27 persen secara tahunan (year on year/yoy), lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 5,01 persen.

"Pertumbuhan konsumsi domestik menjadi faktor utama yang mendorong naiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya.

Chief Market Strategist FXTM, Hussein Sayed menambahkan dengan perkembangan dagang global serta prospek kenaikan suku bunga AS, secara umum dolar AS akan menguat.

"Perhatian akan tertuju pada data penjualan ritel Indonesia yang dijadwalkan pada pekan ini. Data penjualan ritel yang positif dapat membuat rupiah kuat terhadap dolar AS," katanya.(ant)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Oct 2019 13:09 WIB

Pelantikan Menteri, IHSG dan Rupiah Melemah

Nasional

Pasar saham merespon negatif pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju?

19 May 2019 03:41 WIB

Defisit Tekor

Dahlan Iskan

Perang dagang bikin neraca perdagangan Indonesia defisit.

14 Sep 2018 23:20 WIB

Rupiah Melemah, Ketum PB HMI: Segera Perketat Lalu Lintas Devisa

Ekonomi dan Bisnis

Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PB HMI) Saddam Al Jihad mengatakan pemerintah perlu mengambil langkah yang strategis dalam menghadapi pelemahan rupiah terhadap dollar AS.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...