Abdul Ghoni Mukhlas Ni'am anggota Komisi C DPRD Surabaya (istimewa)

RS Penuh, DPRD Surabaya Sarankan Pakai Hotel dan Gedung Mangkrak

Pemerintahan 05 May 2020 20:33 WIB

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya medorong Pemerintah Kota (Pemkot) segera menyediakan tempat khusus isolasi pasien covid-19. Hal itu melihat semakin terbatasnya bed ruang isolasi di Rumah Sakit dr. Soewandhi dan Rumah Sakit BDH Surabaya yang menjadi rujukan.

Abdul Ghoni Muklas Ni'am, anggota komisi C DPRD Surabaya berencana akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mencari solusi cepat dan akurat, terkait penuhnya rumah sakit rujukan covid-19.

Politisi dari Fraksi PDI itu meminta Pemkot agar bisa memanfaatkan gedung-gedung aset Pemkot sebagai tambahan ruang isolasi pasien covid-19. Ia menyebutkan banyak fasilitas milik Pemkot maupun swasta yang tidak terpakai, sehingga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Ada beberapa fasilitas yang sebagian mangkrak, yang dulu ditempati sekarang tidak. Contohnya, seperti gedung sekolahan ataupun gedung yang sekarang ini kondisinya kosong," ucap Ghoni saat ditemui di ruang Komisi C DPRD Kota Surabaya Selasa, 5 Mei 2020.

Sekretaris Fraksi PDIP Surabaya ini berharap Pemkot dapat menjalin kemitraan yang baik dengan pihak swasta layaknya peristiwa karyawan PT HM Sampoerna yang terpapar covid-19.

"Kami mendukung tindakan PT HM Sampoerna yang mengisolasi karyawannya di hotel. Itu berarti keberadaan hotel bisa dipergunakan sebagai ruang isolasi," terangnya.

Di sisi lain, ia melihat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah berjalan delapan hari ini belum maksimal karena ada beberapa faktor yang menurutnya perlu ditingkatkan.

"Banyak masyarakat yang belum patuh terhadap aturan itu. Seharusnya jam 9 harus berada di rumah malah kelayapan," kata Ghoni.

Ia pun mengingatkan saat masa PSBB diperlukan adanya kerja sama semua pihak agar penanganan covid-19 di Surabaya ini segera berakhir, termasuk problem keterbatasan ruang isolasi.

Penulis : Ni'am Kurniawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 18:28 WIB

Kampanye Dukung Anti Rasis di Amerika Trending di Twitter

Internasional

Kampanye dukung kulit hitam secara online.

03 Jun 2020 18:16 WIB

Anti Bosan di Rumah Saja, Mahasiswa Ubaya Gelar CreatiOnline

Pendidikan

Face panting salah satu bagian aktivitas CreatiOnline 2020 mahasiswa Ubaya

03 Jun 2020 18:10 WIB

Pasien Covid di Indonesia Berjumlah 28.233 Orang

Nasional

Dalam sehari penambahan pasienĀ  positif 684 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...