Suasana persidangan di PN Gresik dengan agenda putusan hakim atas gugatan perdata PT Smelting terhadap mantan karyawan. (Foto: Azharil Farich/Ngopibareng.id)
Suasana persidangan di PN Gresik dengan agenda putusan hakim atas gugatan perdata PT Smelting terhadap mantan karyawan. (Foto: Azharil Farich/Ngopibareng.id)

Rumah Mantan Karyawan Smelting Terancam Disita

Ngopibareng.id Jawa Timur 22 July 2020 17:28 WIB

Sidang gugatan perdata yang dilayangkan pihak PT Smelting terhadap salah seorang mantan karyawannya Kasman Danny Sasmito (KDS), sudah memasuki agenda putusan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, pada Rabu 22 Juni 2020.

Dalam putusannya, Majelis Hakim Aries Dedi ini mengabulkan gugatan pihak PT Smelting. Yang mana pihak tergugat KDS dinyatakan melakukan wanprestasi kepada penggugat. Berdasarkan perjanjian bantuan perumahan dan pinjaman darurat.

"Dan menghukum tergugat untuk membayar secara tunai uang sejumlah Rp 88.846.080 dalam waktu selambat-lambatnya 14 hari setelah putusan ini dibacakan," kata Aries Dedi, Rabu 22 Juni 2020.

Tak hanya itu, pengajuan sita jaminan atas harta bergerak maupun tidak bergerak yang ditempati oleh tergugat di Jalan. H Samanhudi 5/2 RT 03-RW 01, Kelurahan Karangpoh, Gresik Kota juga dinyatakan sah.

"Jadi kalau tergugat tidak segera melunasi utang selambat-lambatnya 14 hari dari putusan, maka rumah yang ditempati akan disita. Itu sebagian dari bunyi putusan hakim yang dibacakan tadi," ujar Legal PT Smelting Haru Purnomo, Rabu 22 Juni 2020.

Dengan dikabulkannya gugatan ini, lanjut Hari, maka telah terbukti bahwa tergugat telah melakukan wanprestasi atau ingkar janji tidak membayar utangnya. Hal ini menjadi pelajaran bagi mantan karyawan Smelting yang bersikukuh tidak mau membayar utang.

"Kami berharap mantan karyawan yang lain yang masih mempunyai tunggakan utang agar segera diselesaikan. Bila tidak, maka akan menghadapi proses hukum seperti yang dialami oleh tergugat KDS ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, dari sebanyak 308 karyawan yang terkena PHK, ada 258 di antaranya yang masih memiliki tunggakan utang ke perusahaan. Mereka rupanya tidak segera membayar utangnya meski telah menerima hak pemberhentian sebesar Rp 21 miliar lebih.

Merasa tidak ada iktikad baik dari para mantan karyawan yang belum melunasi hutangnya, maka pihak PT Smelting akhirnya mengajukan gugatan perdata ke PN Gresik. Total hutang para mantan karyawan yang belum terbayar sebesar Rp22 miliar.

Penulis : Azharil Farich

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 22:50 WIB

Eks Suami Jadi Duda Lagi, Wulan Guritno Gugat Cerai Suami Kedua

Gosip Artis

Wulan Guritno gugat cerai suaminya, Adilla Dimitri.

01 Mar 2021 22:35 WIB

Suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip Dilarikan ke RS Jantung

Internasional

Pangeran Philip berusia 99 tahun.

01 Mar 2021 22:20 WIB

Piala Menpora, Persebaya Bertumpu pada Pemain Muda

Liga Indonesia

Persebaya sudah ditinggal 10 pemain andalan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...