Ruang Salat Masjid Al Aqsa di Yerusalem Terbakar

16 Apr 2019 11:50 Internasional

Masjid Al Aqsa di Yerusalem terbakar pada Senin, 15 April 2019 waktu setempat, tepat bersamaan dengan kebakaran hebat yang menghancurkan Katedral Notre Dame di Paris, Perancis.

Kebakaran yang melanda kompleks Masjid Al Aqsa dilaporkan lebih kecil dibanding api yang melalap Katedral Notre Dame, yang menghanguskan dua menara lonceng batu ikonik di bagian depan Notre Dame tanpa tersisa sedikit pun.

Sebuah video kebakaran di kompleks Masjid Al Aqsa yang beredar di media sosial, memperlihatkan asap dan api muncul dari atap struktur ruang salat Marwani, atau yang dikenal juga sebagai Solomon's Stables.

"Kebakaran terjadi di ruang penjaga di luar atap Masjid Marwani, dan petugas pemadam kebakaran berhasil mengatasi peristiwa ini,” kata penjaga masjid seperti dikutip dari newsweek, Selasa 16 April 2019.

Ruang Salat Marwani diketahui terletak di bagian bawah sebelah sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount. Terdapat Dome of the Rock dan Masjid Al Aqsa di dalam kompleks yang disucikan oleh tiga agama tersebut.

Dalam keterangan terpisah kepada televisi Yordania, Al Mamlaka TV, Direktur Jenderal Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa dan Wakaf Yerusalem, Sheikh Azzam al-Khatib, menyebut api muncul di bagian halaman kompleks Masjid Al Aqsa.

Informasi awal, sebut Al-Khatib, api mungkin dipicu oleh anak-anak yang bermain di area tersebut. Beruntung api telah berhasil dikendalikan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini