Tampak luar bangunan yang dijadikan ruang isolasi di Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Tampak luar bangunan yang dijadikan ruang isolasi di Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Ruang Isolasi Covid-19 di RSSA Kota Malang Penuh

Ngopibareng.id Jawa Timur 28 November 2020 20:15 WIB

Sebanyak 83 bed isolasi Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang penuh. RSSA Kota Malang diketahui merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang juga menerima pasien Covid-19 di luar Malang Raya.

"Kalau di RSSA sendiri memang saat ini, kondisi ruang isolasi sedang penuh. Cuma di Instalasi Gawat Darurat (IGD), kami masih bisa terima pasien yang darurat (dengan gejala berat)," ungkap Kasubbag Humas RSSA Malang, Donny Iryan pada Sabtu 28 November 2020 kepada Ngopibareng.id melalui sambungan telepon seluler.

Donny menegaskan, bahwa RSSA Kota Malang sampai saat tidak melakukan penolakan terhadap pasien rujukan Covid-19. Bagi pasien Covid-19 dengan gejala berat yang dirujuk ke RSSA, akan ditransitkan di ruang IGD terlebih dahulu sembari menunggu kamar isolasi yang kosong.

"Iya, sampai saat ini masih di IGD (pasien rujukan Covid-19). Nanti kalau memang ada pasien (Covid-19) yang sudah dipulangkan, kami sterilisasi (bed isolasi) lalu masukan lagi (pasien Covid-19 dari IGD)," ujarnya.

Donny menuturkan memang dalam beberapa hari ini tingkat okupansi pasien Covid-19 di RSSA Kota Malang cukup tinggi sehingga menyebabkan bed isolasi terisi penuh.

"Memang satu atau dua hari ini seperti itu, tingkat okupansi, tingkat keterisian bed itu hampir seratus persen semua. Jadi ada yang pulang langsung terisi, pulang langsung terisi," katanya.

Terkait kapasitas kamar RSSA Kota Malang yang penuh, Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Nur Widianto mengkonfirmasi bahwa dalam beberapa hari ini salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang itu menjadi tempat rujukan pasien Covid-19.

"Memang kapan hari ini RSSA Kota Malang menerima pasien luar Kota Malang. Maka beban (kapasitas bed isolasi) menjadi berat," ujarnya.

Sementara itu, Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu'arif ketika dikonfirmasi terkait kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 yang penuh di Kota Malang. Ia mengungkapkan masih belum mendapatkan data lengkap terkait hal itu

"Saya masih belum mendapatkan laporan secara lengkap dari semua rumah sakit," tutupnya.

Hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 di Kota Malang sebanyak 2.259 orang dengan rincian sebanyak 2.021 orang dinyatakan sembuh, 232 orang meninggal dan enam orang masih dalam pemantauan.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jan 2021 12:05 WIB

Ada Aliran Dana dari Luar Negeri di Rekening FPI, Ini Kata PPATK

Nasional

PPATK temukan aliran dana dari luar negeri di rekening FPI.

24 Jan 2021 11:50 WIB

Tertipu Ramuan Sihir, Menkes Sri Lanka Positif Covid-19

Internasional

Menkes Sri Lanka positif Covid-19 usai minum ramuan sihir.

24 Jan 2021 11:28 WIB

Inovasi Pelampung Cegah Hipotermia saat Kecelakaan Laut

Pendidikan

Pelampung cegah hipotermia saat kecelakaan laut, gagasan mahasiswa ITS.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...