RTRW Di Kabupaten Pasuruan, Targetkan Selesai Tahun Ini

02 May 2019 08:00 Ngopibareng Pasuruan

Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kabupaten Pasuruan, tahun 2019 ini akan segera dituntaskan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji mengatakan bahwa Pemkab Pasuruan saat ini sudah masuk proses pembahasan kawasan industri di wilayah Timur.

“Sudah masuk dalam pembahasan RPJMD, termasuk jika sudah disahkan maka segera kita umumkan sehingga pengusaha yang ingin berinvestasi di wilayah Timur Kabupaten Pasuruan sudah terbuka,” kata Agus.

Pemkab Pasuruan merencanakan ada kawasan di Grati dan Nguling yang bakal dijadikan kawasan industri. Dan untuk saat ini untuk teknis sudah masuk dalam RTRW. “Prosesnya memang tidak bisa cepat, menunggu bertahun-tahun untuk kawasan industri disana. Namun kita berharap lebih cepat lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, pembukaan kawasan di wilayah timur masih ada proses yang harus dilalui.

“Sekarang ini masih penyesuaikan tata ruang, nanti juga perlu diperlukan perda terkait hal tersebut. Termasuk terkait penyesuaian tata ruang untuk kawasan industri juga harus diusulkan di DPRD. Yang pasti terkait kawasan yang diplotting untuk industri harus sesuai aturan,” jelasnya.

Irsyad mengutarakan, terkait kawasan yang akan dipilih dipastikan tidak akan menggerus lahan pertanian terutama yang masih aktif. Sehingga dipilih lahan-lahan yang tidak produktif yang bakal dijadikan kawasan industri. Rencana kawasan industri nantinya akan dipusatkan di 2 kecamatan Grati dan Nguling. Kendati enggan menyebutkan lokasi spesifiknya.

Namun lahan yang digunakan kawasan industri adalah lahan yang sudah tidak produktif lagi. “Untuk penyesuaian tata ruangnya saya berharap tahun 2019 ini sudah selesai. Kawasan industri di timur ini saat potensial, terutama dengan adanya tol dan sisi lain seperti energi sampai SDM sudah siap,” pungkasnya. (emil)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini