Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Menumpuk, 32 Pasien Covid di RSUD Sidoarjo Belum Dapat Kamar

12 Jan 2021 16:25

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo masih mengalami penumpukan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Total sampai siang hari ini 12 Januari 2021, ada 32 pasien yang terlantar di Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena belum mendapat kamar isolasi.

“Bed terisi penuh bahkan tadi di IGD ada 32 pasien stagnan Covid-19 belum dapat kamar. Jadi belum puncak kita mulai 1 Januari sudah overload. Untuk itu kami masih menolak rujukan dari luar kota,” kata Direktur Utama RSUD Sidoarjo, dokter Atok Irawan, Selasa 12 Januari 2021.

Untuk itu, saat ini ia bersama jajaran manajemen RS tengah membuat kebijakan baru yakni untuk memindahkan pasien Covid-19 yang kondisinya membaik untuk menjalani perawatan di Hotel Delta Sinar Mayang maupun Mal Pelayanan Publik yang dijadikan sebagai ruang isolasi Covid-19 bergejala sedang pun ringan.

Atok mengatakan, dalam waktu dekat ini sangat sulit apabila harus menambah bed. Sebab, apabila bed terpenuhi jika sumber daya manusia (SDM) kurang, akan kewalahan.

Kejadian serupa tak hanya terjadi di RSUD Sidoarjo saja, Atok mengatakan, 10 RS rujukan lain yang ada di Sidoarjo dengan total kapasitas 840 bed juga banyak yang penuh, dengan rata-rata keterisian 95 persen.

Berdasar pendataan yang dilakukan dari KTP pasien, ditemukan memang banyak warga dari luar kota. Misalnya yang banyak adalah Surabaya yang kemudian bekerja dan berdomisili di Kota Udang.