Tampak depan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)
Tampak depan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

RSSA Malang Sambut Baik Pembangunan RS Lapangan

Ngopibareng.id Jawa Timur 01 December 2020 15:45 WIB

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang menyambut baik rencana pembangunan RS lapangan yang bertempat di Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma). Pembangunan RS lapangan tersebut diperkirakan rampung dalam waktu 10 hari.

"Pada intinya kami sebagai pengampu ya support akan adanya RS lapangan, baik itu tenaga medis maupun fasilitas kesehatan," ungkap Kassubag Humas RSSA Kota Malang, Donny Iryan pada Selasa 1 Desember 2020.

Donny mengatakan hari ini Direktur Utama RSSA Kota Malang, Kohar Hari Santoso juga sudah melakukan peninjauan lapangan di Polkesma bersama dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) terkait pembangunan RS lapangan.

"Kami mendukung sepenuhnya kebijakan dari Pemprov Jatim," katanya.

Dengan adanya RS lapangan di Polkesma nanti, ujar Donny, maka dapat mengurangi beban penanganan pasien Covid-19 di RS rujukan di Malang Raya tak terkecuali RSSA Kota Malang.

"Itu pasti akan mengurangi beban RS rujukan yang ada di Malang. RS lapangan berfungsi sebagai safe house bagi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG), gejala ringan hingga berat. Kalau gejala berat maupun pasien yang memiliki komorbid itu dirawat di RS rujukan," ujarnya.

Secara teknis, kata Donny, jika nantinya ada pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang, nantinya oleh pihak RSSA akan dirujuk ke RS lapangan tersebut, jika kondisi dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) sudah penuh.

"Jadi nanti kalau ada yang datang (pasien Covid-19) dengan gejala ringan sampai sedang akan kami arahkan ke sana," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal membuka opsi terkait pengoperasian Rumah Sakit (RS) lapangan di Politeknik Kemenkes Malang (Polkesma) yang sempat tertunda beberapa waktu lalu.

Pengoperasian RS lapangan tersebut merupakan tindaklanjut dari beberapa penuhnya kapasitas bed isolasi RS rujukan Covid-19 di Kota Malang dalam beberapa hari ini.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Mar 2021 20:00 WIB

Virus B117 Masuk Indonesia, Prokes Kereta Api Tak Berubah

Jawa Timur

Kuota penumpang kereta kini sedikitnya 70 persen dari kapasitas.

05 Mar 2021 19:45 WIB

Vaksin AstraZeneca dari Covax Facility Segera Tiba di Indonesia

Nasional

Vaksin ini akan tiba di Indonesia secara bertahap.

05 Mar 2021 19:30 WIB

KLB Demokrat Pilih Ketua Umum Baru, AHY: Itu Bodong dan Abal-abal

Politik

AHY menyebut KLB Partai Demokrat di Deli Serdang inkonstitusional.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...