Penyuluhan yang dilakukan pihak RSMU di Poli Rawat Jalan, Sabtu 22 Februari 2020. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

RSMU Beri Penyuluhan Katarak

RS Mata Undaan 22 February 2020 17:55 WIB

Suasana poli rawat jalan Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) tampak berbeda, pada Sabtu 22 Februari 2020. Para pasien beserta keluarga duduk dengan tertib. Namun ada sebagian yang berdiri untuk mendengarkan penyuluhan tentang penyakit mata katarak.

Penyuluhan ini dilakukan oleh Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Humas RSMU. Penyuluhan yang diberikan seputar informasi mengenai penyakit mata katarak, gejala, dan penyebabnya.

Untuk diketahui, katarak merupakan penyakit mata yang dicirikan dengan adanya kabut pada lensa mata. Adapun penyebab penyakit katarak antara lain penuan, paparan sinar matahari berlebih, kekurangan gizi, dan lain sebagainya.

Para pasien mendapatkan selebaran tentang katarak Foto Pita SariNgopibarengidPara pasien mendapatkan selebaran tentang katarak. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Empat jenis katarak yakni Congenital bawaan sejak bayi, Traumatic akibat kecelakaan, Sekunder yang terjadi karena menimum obat-obatan, dan Senilis katarak karena penuaan atau faktor usia.

Lalu gejala ketarak antara lain penglihatan tidak jelas, peka terhadap sinar dan cahaya, dapat melihat dobel pada satu mata, memerlukan cahaya yang terang untuk membaca, dan lensa mata berubah menjadi buram seperti kaca susu.

Siti Faoziah Nurchasanah, salah satu pasien yang mengikuti penyuluhan mengatakan, penyuluhan dari RSMU ini sangat bermanfaat.

"Kebetulan topik yang dibahas juga dialami oleh salah satu keluarga saya, yaitu katarak. Saya juga dapat informasi untuk penanganan dan resiko operasi katarak seperti bagaimana," ungkap perempuan yang akrab disapa Siti itu.

Dia pun berharap, penyuluhan seperti ini bisa lebih sering diadakan dengan tema penyakit mata lainnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Mar 2020 16:16 WIB

Negara Ini Cegah Penularan Virus Corona dengan 'Traktor'

Internasional

Malah melarang warga untuk panik berlebihan.

28 Mar 2020 16:15 WIB

Jangan Langgar Social Distancing! Hukuman Penjara 6 Bulan

Internasional

Singapura tegas menghukum pelanggar aturan social distancing.

28 Mar 2020 16:10 WIB

Man. City Rencana Datangkan Bonucci, Stone Berakhir

Liga Inggris

John Stone gagal tampil meyakinkan di Manchester City

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.