Peringati Hari Lansia, RSMU Beri Pemeriksaan Mata Gratis

13 Jul 2019 13:29 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) Surabaya memberikan pemeriksaan mata gratis bagi lanjut usia (lansia). Momen ini berlangsung di peringatan Hari Lansia Nasional, yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Provinsi Jawa Timur, bertempat di Gedung BK3S, Sabtu 13 Juli 2019.

"Ini adalah kali kedua RSMU bekerjasama dengan BK3S untuk mendukung peringatan Hari Lansia Nasional dengan melakukan pemeriksaan mata bagi para lansia yang hadir," ujar Humas RSMU Bungsu Arif, di lokasi acara.

Bungsu mengatakan, alat yang dibawa untuk pemeriksaan mata tersebut antara lain, deteksi katarak, screning untuk tekanan bola mata dengan alat Non Contact Tonometry (NCT).

"Pemeriksaan mata yang dilakukan seperti cek tekanan bola mata, cek apakah ada katarak atau tidak di matanya. Kita hanya pemeriksaan awal, selebihnya kalau memang membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut akan di rujuk ke rumah sakit," jelas Bungsu Arif.

Salah satu peserta pemeriksaan mata oleh RSMU ini, Muh, Ghozy mengungkapkan, bagi lansia seperti dirinya pemeriksaan seperti ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi matanya.

"Acara seperti menambah kebahagian bagi para lansia. Apalagi ini cuma-cuma alias gratis jadi sangat bermanfaat," ucap lansia berusia 63 tahun ini.

Pada kesempatan ini, ada sekitar 51 lansia yang mendapatkan fasilitas pemeriksaan mata gratis dari RSMU yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Pemeriksaan mata Foto Pitangopibarengid
Pemeriksaan mata. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Dokter spesialis mata, dr. Dedik Ipung Setiyawan, Sp.M dari RSMU yang bertugas pada acara pemeriksaan untuk lansia kali ini mengatakan, hasil pemeriksaan banyak ditemukan katarak pada para lansia. 

 

"Banyak yang katarak kalau dari pemeriksaan tapi tidak ada yang sampai katarak matang. Tadi beberapa sudah kami sarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut ke RS dan melakukan operasi sebelum katarak menjadi matang dan mengganggu penglihatan" ujarnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini