mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR). (Foto: Twitter BNPB)

RSHU Berharap Mobil PCR Datang Lagi untuk Bantu Pemeriksaan Swab

Kesehatan 02 June 2020 12:39 WIB

Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) sempat mendapatkan pelayanan tes swab gratis dari mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR) dari Pemerintah Kota Surabaya), pada Minggu 31 Mei 2020 lalu.

Direktur Utama RSHU, dr Didi D Dewanto SpOG berharap, mobil PCR tersebut datang kembali untuk membatu mempercepat pemeriksaan swab warga Kota Pahlawan.

"Hanya satu hari saja kemarin datangnya. Berharap datang lagi, biar cepat penuntasan Covid-19 ini," kata Didi pada Ngopibareng.id, Selasa 2 Juni 2020 siang.

Menurutnya, kedatangan mobil PCR sangat membantu tenaga medis RSHU. Sebab, diagnosa dan evaluasi para pasien dapat dilakukan dengan cepat. Misalnya, mendeteksi apakah pasien tersebut positif atau negatif Covid-19.

"Kalau kecepatan hasil PCR sudah cepat seperti ini, lebih enak untuk rumah sakit memutuskan langkah selanjutnya bagi para pasien Covid-19 yang dirawat," imbuh Didi.

Didi menjelaskan, RSHU mendapatkan jatah untuk 100 sample swab dari mobil PCR tersebut. Sebagian besar sample yang diuji di mobil PCR milik pasien yang dibawa oleh Dinkes Surabaya.

Untuk hasil pemeriksaanya, Didi mengungkapkan, memang belum selesai semua. Namun, hampir 75 persen sudah keluar dengan hasil negatif.

"Hasilnya belum selesai semua dari 100 pasien. Tapi sudah ada laporan 73 pasien sampai semalam, negatif semua. Alhamdulillah," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Surabaya menerima bantuan mobil PCR dari BNPB dan BIN untuk mempercepat pemeriksaan swab warga Surabaya. Mobil PCR ini ditugaskan untuk mengunjungi rumah sakit rujukan ataupun kawasan zona merah.

Satu mobil PCR ini berisi 4 unit mesin PCR. Satu mesinnya maksimal bisa memeriksa 200 sample, dengan memaksimalkan mesin yang ada satu hari dapat melakukan pengujian 800 sample. Tentu hal tersebut akan mempercepat pemeriksaan swab yang dilakukan.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...