Desain ruang isolasi portable yang akan dikerjakan ITS bersama RS Unair. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

RS Unair dan ITS Kerjasama Membuat Ruang Isolasi Portable

Jawa Timur 24 March 2020 13:45 WIB

Mengantisipasi adanya pasien Covid-19 atau virus corona yang semakin bertambah. RS Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan membuat produk inovasi berupa ruang isolasi portable.

Ruang isolasi portable ini nantinya akan berupa container, tenda ataupun memanfaatkan ruang RS yang tidak terpakai sebagai ruang isolasi.

Djoko Kuswanto, selaku Ketua Laboratorium Integrated Digital Design (IDIK) Desain Produk ITS mengatakan, saat ini prosesnya masih berupa desain.

"Yang akan kami kerjakan dalam waktu dekat, adalah memvalidasi RS Unair dengan datang ke sana dan melihat kondisi seperti apa di sana," kata Djoko Kuswanto ditemui di Gedung Robotika ITS.

Ruang isolasi portable berbentuk tenda FotoPita SariNgopibarengidRuang isolasi portable berbentuk tenda. (Foto:Pita Sari/Ngopibareng.id)

Djoko menjelaskan, sebelum membuat tentu harus diketahui dulu bagaimana letak rumah sakit dan kapasitasnya. Seperti untuk ruang isolasi kontainer misalnya, harus dilihat dulu seberapa luas rumah sakit bisa menampung kontainer dan kontainer seperti apa yang cocok digunakan.

Menurut Djoko, nantinya ITS akan berkontribusi mulai rancang bangunan, sistem dan pengadaan barang yang cocok digunakan dalam isolasi kontainer tersebut.

Tambahnya, nantinya ruang isolasi ini akan berbasis struktur modul kontainer ukuran 20 feet. Ruang ini dikembangkan meliputi aspek teknis ekterior dan interior, serta aspek teknik prasarana (HEPA filter, antheroom, AC, exhaust fan, dan pencahayaan).

Sementara, Dr.Angraeni Dwi.S, dr, Sp.Rad (k), manajer riset dan renbang Rumah Sakit Universitas Airlangga mengatakan, hal ini penting dipikirkan sebagai antisipasi lonjakan pasien corona.

"Karena bila terjadi lonjakan pasti yang akan dibutuhkan adalah ruang isolasi. Jadi kami harus memikirkannya mulai sekarang," pungkas Angraeni.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jul 2020 09:13 WIB

Dua Hal Ditakuti Sayidina Ali, Hasrat Hati dan Harapan Diulur

Khazanah

Dunia bergerak dengan cepat, maka beribadahlah

16 Jul 2020 08:55 WIB

Kunci Jawaban SMA: Konsep Eksponen

Pendidikan

Pelajar SMA dan sederajat akan mendapatkan materi matematika.

16 Jul 2020 08:36 WIB

Sinopsis Angel's Last Mission: Love, Ru-na Gagal Bunuh Yeon Seo

ngopiK-pop

Ji Kang-woo mengetahui rencana Ru-na membunuh Yeon Seo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...