Valentino Rossi akhirnya pindah ke tim Satelit Petronas Yamaha. (Foto: Twitter  ValeYellow46)
Valentino Rossi akhirnya pindah ke tim Satelit Petronas Yamaha. (Foto: Twitter ValeYellow46)

Rossi Resmi Pindah ke Tim Satelit Petronas Yamaha

Ngopibareng.id MotoGP 26 September 2020 23:04 WIB

Valentino Rossi resmi dipinang oleh tim satelit Petronas Yamaha untuk musim 2021. Ia dikontrak 1 tahun untuk membalap di MotoGP.

Yamaha mengatakan bahwa pebalap berusia 41 tahun dan juara dunia sembilan kali itu akan tetap mendapatkan dukungan penuh pabrikan asal Jepang itu meski di tim satelit.

"Aku banyak berpikir sebelum mengambil keputusan ini, karena tantangan semakin panas dan panas," kata Rossi dalam pernyataan jelang Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu, 26 September 2020.

"Untuk menjadi yang teratas di MotoGP kalian harus banyak bekerja keras, berlatih setiap hari dan menjalani kehidupan atlet, tapi aku masih menyukainya dan aku masih ingin membalap," lanjutnya.

Rossi akan bertukar bangku dengan pebalap Prancis Fabio Quartararo, yang bakal menjadi pebalap di tim pabrikan bersama Maverick Vinales.

Rossi telah menantikan kontrak berdurasi satu tahun dengan Petronas Yamaha di tengah spekulasinya untuk pensiun akhir musim ini. Namun, Rossi membantah hal itu.

Pebalap asal Italia itu, dengan tujuh gelar di kelas premier, menjadi satu-satunya pebalap yang menjalani lebih dari 400 grand prix.

Dia juga memegang rekor kemenangan terbanyak, selama lebih dari 20 tahun berkarier, dengan 89 kemenangan di kelas teratas.

"Kami sangat senang Valentino tetap di MotoGP untuk satu tahun lagi, dan kami yakin para fan dari olah raga ini merasakan yang sama," kata Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis seperti dikutip Reuters.

Musim ini dan terakhir bersama Factory Yamaha Team adalah tahun ke-25 di kejuaraan dunia grand prix balap motor dan tahun ke-15 dia bersama Yamaha.

"Kami meyakinkan sejak awal bahwa dia harus tetap di MotoGP untuk 2021, Yamaha akan terus memberikan dukungan penuh dan satu motor pabrikan YZR-M1. Pada akhirnya, inilah yang dia putuskan ingin lakukan," kata Jarvis.

Jarvis menambahkan jika tidak pantas bagi seorang pebalap seperti Rossi pensiun di akhir musim yang terdampak pandemi Covid-19.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 23:45 WIB

Ikut Jejak Irfan Jaya, Muhammad Hidayat Tinggalkan Persebaya

Liga Indonesia

Kini Persebaya hanya sisakan satu gelandang bertahan.

28 Feb 2021 23:32 WIB

Longsor di Lumajang Timbun 13 Rumah, Puluhan Hewan Ternak Hilang

Jawa Timur

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

28 Feb 2021 23:16 WIB

Khofifah akan Hadiri Sertijab 14 Bupati/Walikota di Jatim

Jawa Timur

Mulai besok, Khofifah secara marathon akan hadiri sertijab 14 kepala daerah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...