Rossi: Marquez Masih Kandidat Terkuat Juara Dunia MotoGP 2019

19 Apr 2019 19:59 MotoGP

Meski Marc Marquez kehilangan posisi puncak klasemen pembalap akibat terjatuh di MotoGP Austin, Valentino Rossi tetap menyebut pembalap Spanyol itu sebagai kandidat terkuat juara dunia MotoGP 2019.

Pernyataan Rossi mengacu pada performa Marquez yang masih mengesankan. Pernyataan rider Monter Energy Yamaha ini menyiratkan, terjatuhnya Marquez di MotoGP Austin hanya membuatnya terlempar sesaat dari tiga besar klasemen. Pembalap Repsol Honda itu akan kembali setelah itu.

Gara-gara insiden tersebut, Marquez tergelincir ke posisi keempat klasemen sementara MotoGP 2019. The Baby Alien terpaut sembilan poin dari Andrea Dovizioso yang bercokol di puncak, dengan nilai 54. Margin yang tak terlalu lebar bagi Marquez untuk kembali menyempitkan perbedaan.

Rossi membuntuti di posisi kedua, dengan koleksi 51 poin. Adapun peringkat ketiga ditempati pembalap Suzuki, Alex Rins.

"Ada empat pembalap dengan empat motor berbeda pada empat besar klasemen, ini hal yang biasa. Aturan yang berlaku membuat akhir pekan sangat hidup dan kadangkala ada momen salah satu pembalap tercepat berada di luar Q2, seperti yang terjadi pada Dovizioso (di MotoGP Austin)," kata Rossi, seperti dilansir Motorsport, Jumat 19 April 2019.

"Ini bagus. Tapi kami harus mengakui situasi berimbang karena Marquez terjatuh. Jika tidak, dia masih akan sendirian di depan. Marquez masih favorit (dalam pacuan juara dunia), karena di Qatar dia posisi kedua, di Argentina dominan dan di sini bisa menang jika tak jatuh. Jadi ya, dia masih favorit," imbuh Valentino Rossi.

Marc Marquez pun kembali difavoritkan menjuarai MotoGP Spanyol. Tampil di kandang sendiri dengan dukungan suporternya, Pembalap Repsol Honda ini bertekad meraih podium tertinggi.

Asal tak ada insiden yang membuatnya terjatuh layaknya di MotoGP Austin, Marc Marquez bakal melaju kencang untuk memenangi balapan seri ke-4 ini.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini