pakar antropologi budaya asal Mahidol University Thailand, Rosalia Sciortino. (Foto: Istimewa)
pakar antropologi budaya asal Mahidol University Thailand, Rosalia Sciortino. (Foto: Istimewa)

Prof Rosalia: Empat Hal Harus Diperhatikan ‘Aisyiyah di Abad II

Ngopibareng.id Khazanah 13 October 2020 15:58 WIB

Memasuki usia abad kedua, ‘Aisyiyah sebagai sebuah pergerakan perempuan dianggap perlu untuk memperhatikan empat tantangan paling aktual di masa depan.

Keempat hal tersebut adalah radikalisasi sektarian dan politik identitas, kesenjangan sosial dan kesehatan, bad governance dan sistem kesehatan yang lemah, beserta kerusakan lingkungan.

“Ini pilar penting memajukan perempuan bukan hanya di tingkat institusi tapi juga di akar rumput,” tutur pakar antropologi budaya asal Mahidol University Thailand, Rosalia Sciortino mengapresiasi konsep Perempuan Islam Berkemajuan yang telah ditanamkan oleh Muhammadiyah.

Dalam konferensi internasional ICAS (International Conference on 'Aisyiyah Studies) 2020 bertajuk 'Aisyiyah and Theological Breakthrough of Women Social Praxis tersebut, Sabtu lalu, Rosalia mendorong ‘Aisyiyah mengembangkan penyediaan tenaga ahli perempuan di bidang teknis dan ilmu praktis yang banyak didominasi oleh laki-laki.

Untuk menghadapi empat tantangan di atas, Rosalia menyarankan agar ‘Aisyiyah di dalam ranah pendidikan mulai menggerakkan pendidikan inklusivitas (keberagaman) termasuk membuka kerjasama positif dengan agama lain.

Dalam bidang kesehatan dan kerusakan lingkungan, Rosalia memandang ‘Aisyiyah dengan ratusan amal usaha rumah sakit dan klinik yang dimilikinya mampu menjadi daya tawar terhadap kebijakan publik.

Karena itu ke depan, ‘Aisyiyah menurutnya patut untuk mampu terlibat dalam memperbarui dan memberi masukan terhadap sistem kebijakan publik pemerintah di bidang kesehatan yang memelihara kesenjangan dan komitmen yang lemah.

“Harus kontekstual dan melihat secara struktural, sembari tetap menemani dan memberi penyuluhan berbasis komunitas,” kata Rosalia, dikutip Selasa 11 Oktober 2020.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 09:55 WIB

Disebut Kelelahan, Rizieq Syihab Dirawat di Rumah Sakit

Nasional

Pemkot Bogor tawarkan fasilitas PCR.

27 Nov 2020 09:39 WIB

Puasa dan Sedekah Ada Batas, Anjuran Zikir Sebanyak-banyaknya

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ustadz Ma'ruf Khozin, Pengasuh Ponpes Aswaja Sukolilo Surabaya

27 Nov 2020 09:20 WIB

Liburkan Tim, Madura United Tunggu Jaminan Kepastian Liga

Liga Indonesia

Meski PSSI dan LIB sudah mengummkan liga digelar Februari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...