Ronaldo Turun, Juve Selamat dari Kekalahan

27 Dec 2018 07:45 Liga Italy

Juventus nyaris tumbang untuk pertama kalinya. Bertandang ke markas Atalanta, Rabu 26 Desember 2018, Bianconeri sempat tertinggal 1-2 lewat dua gol Duvan Zapata. Untung Cristiano Ronaldo berhasil memaksa laga berakhir dengan skor imbang, 2-2.

Juventus sempat unggul cepat lewat gol bunuh diri Berat Djimsiti di menit ke-2. Berawal dari upayanya menyapu bola hasil sepakan Alex Sandro di depan kotak penalti, Djimsiti justru membelokkan bola ke gawangnya sendiri. Skor 1-0 untuk Juventus.

Namun reaksi positif ditunjukkan Atalanta setelah gol itu. Meski tetap kalah dalam penguasaan bola, serangan yang dibangun Atalanta kerap merepotkan barisan pertahanan Juventus.

Momen yang dinantikan publik tuan rumah pun tiba di menit ke-24. Menerima umpan dari Papu Gomez dari lapangan tengah, Zapata hanya butuh membalikkan badan dan mengayunkan kaki untuk mengarahkan tembakan keras di sisi kiri tanpa bisa dijangkau oleh kiper Juventus, Wojciech Szczesny. Skor berubah menjadi 1-1.

Skor imbang membuat Juventus tersentak. Paulo Dybala, Mario Mandzukic, dan Bentancur bergantian menjadi kreator serangan Juventus. Namun hingga interval pertama selesai, skor masih sama kuat.

Di babak kedua, Juventus dan Atalanta berusaha mencari keunggulan. Namun upaya Juventus menjadi lebih berat karena di menit ke-53, Bentancur diusir keluar lapangan oleh wasit setelah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Atalanta.

Keunggulan jumlah pemain itu mampu dimanfaatkan oleh Atalanta untuk berbalik unggul. Diawali dari sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Juventus di menit ke-56, bola mengarah pada Zapata yang sudah berdiri bebas. Tanpa kesulitan berarti, Zapata menyundul bola untuk skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Situasi ini membuat Juventus cemas. Cristiano Ronaldo yang semula akan diistirahatkan terpaksa diturunkan di menit ke-65. Menggantikan Sami Khedira, Ronaldo diharapkan mampu menyelamatkan Juventus dari kekalahan pertamanya di Liga Italia Serie A musim ini.

 

Dan benar saja, setelah berulang kali upaya Juventus menyamakan skor gagal, Ronaldo menjadi juru selamat bagi La Vecchia Signora lewat golnya di menit ke-78 lewat proses yang nyaris sama dengan gol kedua Zapata. Skor menjadi imbang 2-2. Skor ini tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini