Rolly Herbs, Serum Herbal Bikinan Anak UB

25 Mar 2019 13:15 ngopiHealth

Lebah madu adalah serangga yang kaya akan manfaat.  Semua yang dihasilkan lebah madu diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah zat berupa cairan kental berwarna putih mirip dengan susu. Zat ini kita kenal dengan nama royal jelly.

Siapa sangka, ternyata royal jelly yang dihasilkan oleh lebah kelas pekerja ini juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik. Lima orang mahasiswa Universitas Brawijaya membuktikannya lewat produk Rolly Herbs.

Melihat kebutuhan industri kosmetik yang tinggi, kelompok mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) yang beranggotakan Yulianto Adi Perdana, M. Andika Yudha Harahap, Nandika Sekar, Alfi Fikri dibantu salah seorang mahasiswa Teknik Kimia bernama Ervin menciptakan produk serum herbal.

Rolly Herbs merupakan produk serum yang terbuat dari bahan alami antara lain, minyak nabati lokal, minyak kemiri, minyak jarak, minyak almond, minyak biji anggur, minyak zaitun, dan minyak argan. Dan tentu saja bahan utamanya adalah royal jelly. “90% dari bahan alami,” ujar Andika Harahap mahasiswa semester 6 Fapet UB.

Andhika menjelaskan bahwa royal jelly mengandung vitamin B kompleks, asam amino, dan enzim. Kandungan tersebut berguna untuk menstimulus wajah sehingga tampak lebih bersih, sehat, dan cerah.

Sedangkan pada ekstrak tanaman herbal mengandung antioksidan, anti-aging, dan anti-inflamasi yang bersifat melawan radikal bebas pada wajah. Selain itu, dalam minyak argan memiliki kandungan polifenol dan sterol yang berpotensi sebagai anti-peradangan dan menjaga kelembaban kulit.

Produk serum berbahan alami juga dipilih karena tidak menyebabkan rasa sakit. Dari bahan-bahan yang disebutkannya, Andika yakin kalau Rolly Herbs halal. Hanya saja sertifikasi halal belum diperoleh karena riset mengenai kandungan dan manfaat Rolly Herbs masih terus diperdalam.

Karena temuan tersebut, Andika dan teman-temannya pun berhasil menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi bisnis plan Al-Amanah Festival 2019. Sebuah kompetisi nasional yang diselenggarakan di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, pada 5 Maret 2019.

 

Rencananya, produk ini juga akan diproduksi massal bekerjasama dengan Badan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya. Harapannya, melalui kerja sama ini Andika dan kawan-kawan tidak hanya menciptakan produk yang berkualitas. Namun, juga mengerti cara pemasaran Rolly Herbs yang baik dan benar. (fjr)

Reporter/Penulis : Fajar Dwi Ariffandhi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini