ROG Phone 3 dari Asus. (Foto: Twitter @tech_lagi)

ROG Phone 3, Smartphone Gim Asus Harga Rp16 Jutaan

Handphone 23 July 2020 15:44 WIB

Gawai untuk para gimer dari Asus, ROG Phone 3 resmi dirilis. Telepon cerdas ini menawarkan banyak opsi yang bisa disetel sendiri oleh pengguna ponsel.

Dilansir dari GSM Arena, ponsel ini disebut menyerupai PC. Namun dengan banyak kelebihan untuk kostumisasi, mulai dari kecepatan chipset, seting layar dan suara, penyesuaian jaringan, hingga menyetel proses pengisian baterai.

Sejumlah spesifikasi yang dibenamkan di ponsel ini membuatnya istimewa bagi para gimer. Chipset Snapdragon 865+ dibenamkan dalam smartphone ini. Bagi ROG Phone 3, chipset ini membuatnya istimewa lantaran tak banyak gawai Android yang menggunakan chip terbaru dari Snapdragon ini.

Sejumlah kelebihannya antara lain menjadi yang pertama berjalan di frekuensi 3.09 GHz. Ditambah overlock di GPU, akan meningkatkan performa kerja smartphone 10 persen lebih cepat dibanding vanilla S865.

Fitur wifi 6E yang mampu berjalan di jaringan 6GHz memungkinkan gawai ini bekerja dengan bandwith besar namun dengan minim gangguan, tentu dengan router yang tepat.

Soal RAM nya, pengguna bisa memilih menggunakan gawai dengan RAM standar ROG, 12 GB atau memilih yang 16 GB jika anggaran mencukupi. Ada pula LPDDR5 RAM dengan penyimpanan UFS 3.1 untuk performa terbaik. Namun, spesifikasi ini bisa saja berbeda sesuai dengan wilayah penjualan.

Tentu, sebagai gawai gimer, ROG Phone 3 juga dibenami pendingin AeroActive Cooler 3 di dalam paket penjualannya. Terdapat pula lubang ventilasi di bagian belakang ponsel, yang memungkinkan aliran udara masuk dan mendinginkan ponsel dengan ukuran 6x lebih lapang dibandingkan ROG Phone II. Ruang untuk keluarnya suhu panas juga telah didesain meski gawai ini belum dilengkapi dengan fitur tahan air.

Seluruh fitur ini disediakan untuk menjadi chipset bisa bekerja menjadi 144 fps. Layar AMOLED berukuran 6,6 inci menawarkan sejumlah pilihan frekuensi yang bisa diseting manual atau otomatis yang akan memilih ukuran yang paling efisien ketika digunakan.

Gawai ini dilengkapi dengan baterai bertenaga 6.000 mAh dan mendukung pengisian cepat dengan daya 30W menggunakan USB. Asus menyebut pengisian selama 46 menit akan memenuhi 70 persen daya baterai. Sebagian besar pengisian cepat akan menurun ketika baterai telah terisi 70 persen, untuk melindungi baterai, sehingga baterai dengan ukuran kecil akan cenderung lebih lamban dalam mode pengisian cepat.    

ROG Phone 3 memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengatur cara pengisian baterai. Bagi mereka yang merisaukan baterai, bisa mengatur pengisian maksimal di kisaran 80 hingga 90 persen. Atau mengubah daya 10W ketika mengisi, bahkan menjadwalkan pengisiannya, sehingga baterai akan penuh 100 persen setelah diisi semalam penuh.

Seperti smartphone lainnya, gawai ini juga dilengkapi dengan tiga kamera utama di belakang. Kamera utama dengan sensor 64MP, kamera makro sebesar 5MP, dan kamerai lensa wide dengan sensor 13 MP.

ROG Phone 3 tersedia dengan pilihan warna hitam ini dibanderol sekitar 1.000 euro atau Rp16 jutaan. (Gsm)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 16:45 WIB

Viral, Pria Belai Kaki Cewek Saat Lampu Merah

Hiburan

seorang pria grepe kaki perempuan yang diboncengnya

03 Aug 2020 16:37 WIB

DJ Kartika Ayu: Pagi Olahraga Kaki, Malam “Olahraga” Tangan

Gowes Bareng

Dengan gowes DJ Kartika merasa aura positifnya keluar sama saat nge-DJ.

03 Aug 2020 16:30 WIB

Jurus Pemkot Malang Perbaiki Ekonomi Lewat APBD

Pemerintahan

Minta tiap OPD maksimalkan serapan anggaran.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...