Masjid Baiturrahman di Gili Terawangan yang hancur akibat gempa hari Minggu 5 Agustus kemarin. (foto: rahmad hendro/ngopibareng)
Masjid Baiturrahman di Gili Terawangan yang hancur akibat gempa hari Minggu 5 Agustus kemarin. (foto: rahmad hendro/ngopibareng)

Robohnya Masjid di Gili Terawangan

Ngopibareng.id Nasional 06 August 2018 17:13 WIB

Masjid Agung Baiturrahman adalah masjid terbesar yang ada di Gili Terawangan. Masjid ini hancur akibat gempa berkekuatan 7 SR hari Minggu 5 Agustus petang kemarin. Menara roboh, gapura dengan menara yang khas juga roboh.

Letak masjid yang juga disebut Masjid Agung Gili Terawangan ini tak jauh dari pantai. Pada hari-hari biasa, banyak turis domestik terutama yang memanfaatkan masjid ini bukan saja untuk sholat, tapi juga untuk beristirahat.

Tetapi Masjid Baiturrahman ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing yang non muslim. Keberadaan masjid di tempat wisata memang menarik, mereka makin mengerti tentang Islam yang damai.

Apalagi pengelola masjid juga terbuka  memberi informasi kepada para wisatawan. Bahkan pengelola juga membuka kios untuk menyewakan peralatan  snorkeling. Dengan menyewakan peralatan itu pengelola bisa mendapat pemasukan untuk pemeliharaan masjid agar tetap bersih dan nyaman.

Kini, Masjid Baiturrahman roboh. Penduduk Gili terawangan yang jumlahnya sekitar 1.600 orang harus hati-hati bila sholat di masjid ini, karena meskipun tidak semua bangunan roboh, tetapi kemungkinan besar retak-retak yang muncul akibat gempa masih sangat berbahaya. (nas)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Feb 2021 14:07 WIB

Gempa Halmahera Selatan, Bangunan Rusak Ringan

Warta Bumi

BPBD Halmahera Selatan merilis bangunan rusak akibat gempa.

19 Feb 2021 13:04 WIB

Iran Diguncang Gempa Dahsyat, 10 Orang Terluka

Internasional

Dengan magnitudo 5.6 di dekat Kota Sisakht

16 Feb 2021 12:40 WIB

Gempa Mamuju, 153 Gedung Sekolah Rusak

Bencana

Sebanyak 77 gedung perkantoran juga rusak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...