Politisi Gerindra Riza Patria, terpilih sebagai Wagub DKI Jakarta. (Foto: Ant)

Riza Patria Terpilih Sebagai Wagub DKI Melalui Rapat Tertutup

Nasional 06 April 2020 13:13 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI akhirnya menyelesaikan rangkaian pemilihan wagub DKI pendamping Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Senin, 6 April 2020.

Dari voting yang dilakukan DPRD DKI, cawagub asal Gerindra Riza Patria terpilih sebagai Wagub DKI. Riza Patria menang dengan peroleh 81 suara.

Adapun anggota dewan yang memiliki hak pilih yakni 106 anggota. Namun, hanya 100 anggota yang hadir.

Sementara, Nurmansjah Lubis dari PKS yang merupakan rival Riza hanya mendapatkan perolehan 17 suara. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 2 suara.

Paripurna pemilihan wagub DKI Jakarta dilakukan dengan voting tertutup. Setiap anggota dewan menggunakan hak suara di bilik suara.

Sejumlah pembatasan juga dilakukan selama paripurna berlangsung mengingat saat ini masih dalam penanganan wabah virus corona. Meja anggota dewan diberi jarak, satu meja satu anggota dewan, dan sangat sedikit undangan yang hadir.

Wartawan juga tidak diizinkan untuk meliput secara langsung. DPRD DKI tidak dapat menampilkan proses paripurna secara live streaming.

Akhirnya, proses live streaming dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui channel Youtube Pemprov DKI Jakarta dibatalkan. DPRD DKI tampaknya tidak siap melakukan live streaming. Di sisi lain, DPRD DKI hanya memiliki dua akun medsos, yakni facebook dan twitter.

Sebelumnya, kedua cawagub ini telah melewati proses penyampaian visi misi dan program kerja untuk mewujudkannya depan anggota dewan. Begitu juga dengan sesi tanya jawab yang telah dilakukan keduanya.

Namun, rangkaian penyampaian visi misi dan tanya jawab dilakukan secara tertutup. DPRD menjanjikan adanya tapping selama proses berlangsung. Namun hingga kini belum ada tapping yang disebar ke publik.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:35 WIB

Permintaan Jokowi Turunkan Kurva Tak Terpenuhi, Ini Kata Khofifah

Jawa Timur

Khofifah menjelasan mengapa kurva covid-19 di Jawa Timur tak turun.

09 Jul 2020 15:20 WIB

Pemkot Surabaya Gelar Operasi Patuh Masker

Surabaya

Bagi warga yang tidak pakai masker akan disanksi penyitaan KTP.

09 Jul 2020 15:10 WIB

Driver Protect, Ojol Surabaya yang Berprotokol Kesehatan Covid-19

Feature

Driver protect hanya menjemput di zona merah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...