Riwayat Penyakit BJ Habibie

08 Sep 2019 20:15 Nasional

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih akrab disapa BJ Habibie mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Belum diketahui jelas apa yang menyebabkan Presiden RI ke-3 ini harus dirawat.

"Dengan hormat bersama ini kami konfirmasikan bahwa Bapak B.J. Habibie saat ini sedang menjalani perawatan yang intensif oleh Tim Dokter Kepresidenan (TDK) di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Sespri B.J Habibie, Rubijanto, Minggu 8 September 2019.

Pada Agustus tahun 2018 lalu, Habibie juga sempat dirawat di RSPAD karena mengalami kelelahan. Pada bulan Maret di tahun yang sama, Habibie juga sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman diduga kelelahan yang membuat suami Ainun ini sampai masuk rumah sakit.

Sebelumnya, kondisi Habibie dikabarkan menurun karena ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang, pada 27 Februari 2018.

Dikutip dari Mayo Clinic, kebocoran klep jantung merupakan kondisi di mana klep jantung tidak berfungsi dengan baik, tidak menutup dan tidak kembali seperti semula.

Gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yang seharusnya mengalir ke pembuluh darah bisa berbalik kembali ke dalam jantung. Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan ke tubuh akan berkurang.

"Kondisi ini menyebabkan pasien mudah lemah dan lemas, sering merasa lelah, nyeri dada, dan juga mudah ngos-ngosan serta kehabisan napas," tulis Mayo Clinic.

Di bulan Maret tahun 2016, Habibie juga harus dirawat karena infeksi bakteri yang menyebabkannya mengalami demam. Namun tidak bisa dijelaskan terperinci tentang penyakit tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini