Ritual makan bareng yee shang saat perayaan imlek. (Foto: Pita/Ngopibareng.id)

Ritual Malam Imlek dengan Salmon Yee Shang

Coffee & Resto 21 January 2020 21:11 WIB

Ritual memakan yee shang untuk kemakmuran dan keberkahan dalam satu tahun ke depan merupakan salah satu ritual yang harus dilakukan di malam tahun baru Imlek.

Yee shang adalah makanan berupa salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel, lobak dan lainnya. Dalam ritual memakan yee shang, sebelum dimakan yee shang wajib untuk diangkat setingi-tingginya. Hal ini sebagai simbol rejeki yang tak pernah putus.

Sajian khas Imlek ini juga dipersiapkan oleh hotel Wyndham Surabaya. Muhammad Indra Herawan selaku eksekutif chef mengatakan, perbedaan yee shang yang ia buat ialah mengunakan daging salmon.

"Yee shang kan berarti ikan mentah. Yee itu ikan, shang artinya mentah. Umumnya bisa mengunakan tuna atau salmon. Tapi kami pilih salmon karena rasanya lebih pas dengan yee shang yang kami buat," kata Muhammad Indra Herawan, ditemui Selasa, 21 Januari 2020.

Untuk salad yee shang, Indra mengungkapkan, memakai 10 varian lebih sayuran, antara lain timun, melon, wortel, bawang bombay, jahe, kulit jeruk bali dan juga daging jeruk bali. Ditambah madu dan jus lemon.

Yee shang salmon ala Hotel Wyndham Surabaya FotoPitaNgopibarengidYee shang salmon ala Hotel Wyndham Surabaya. (Foto:Pita/Ngopibareng.id)

Sebelum dihidangkan, untuk menambah, kelezatan rasa, kata Indra sayur-sayuran yang akan dipakai untuk yee shang harus di marinasi terlebih dahulu.

"Marinasi waktunya satu malam supaya memiliki fermentasi yang bagus," imbuhnya.

Ia pun menuturkan, sayuran yang dipilih juga memiliki arti masing-masing untuk kemakmuran hidup.

"Seperti warna hijau pada melon dan timun melambangkan awet muda, warna merah pada jahe melambangkan kebahagiaan, biji wijen yang melambangkan kesuburan serta salmon juga yang melambangkan keberkahan. Kalau digabung jadi satu kesatuan kelangsungan hidup dan kemakmuran," pungkas Indra.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

08 Jul 2020 15:15 WIB

Pelanggan Gasku di Batam Dapat Sembako dari PT Gagas Energi

Nasional

Sembako dibagikan di Batam.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...