Kunci Kapten Persebaya Bisa Tampil Konsisten

25 Feb 2019 16:47 Liga Indonesia

Kapten Persebaya, Ruben Sanadi baru-baru ini mengungkapkan kunci di balik penampilannya yang konsisten di setiap pertandingan. Menurut pemain asal Papua ini, agar bisa seperti itu harus disiplin.

"Bagi saya, sukses dimulai dari disiplin, entah di semua hal apapun, disiplin di lapangan atau luar lapangan. Serta diimbangi dengan berdoa. Semua itu akan akan bekerja," kata Ruben.

Ruben tercatat sudah bermain sebanyak 28 kali pada musim 2018 lalu bersama Persebaya. Di musim lalu, ia menghasilkan enam assist yang berbuah gol.

Bahkan Ruben Sanadi selalu menjadi andalan tim Bajul Ijo di bek kiri karena penampilannya yang luar biasa. Bahkan dia hanya enam kali tidak membela Persebaya akibat cedera ringan.

Bagi Ruben, meski sudah menginjak usia 32 tahun, ia selalu menjaga performanya agar tetap stabil. Sebab ia meyakini, tanpa performa yang baik di setiap pertandingan, karier pesepakbola profesional tidak akan langgeng.

"Terpenting bagi saya bisa tampil konsisten itu yang utama. Tapi kita hanya bisa berusaha, selebihnya Tuhan yang menentukan," ujar eks pemain Persipura Jayapura itu.

Ruben mengakui, salah satu rahasia keberhasilannya sebagai pemain hingga kini adalah menjaga waktu tidurnya. Hal itu dia yakini mampu merawat kondisi tubuhnya, terutama performanya di lapangan.

"Disiplin waktu itu juga penting, bagi saya mengatur waktu tidur itu sebuah keharusan," ujar Ruben.

Dengan kepribadian serta kinerjanya yang bagus selama musim lalu, wajar jika kemudian Djajang Nurdjaman menunjuk pemain kenyang pengalaman ini menjadi Kapten Persebaya untuk musim kompetisi 2019.

"Jadi seorang kapten adalah tugas berat. Tapi saya harus menjalaninya untuk memberikan yang terbaik bagi Bonek maupun Persebaya," terangnya.

 

"Musim ini adalah musim berat, tapi kita harus jalani. Soal konsisten saya serahkan sama Tuhan, karena semua itu rahasia tuhan," pungkas Ruben. (hrs)

Penulis : Haris Dwi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini