Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (Foto: Farid/ngopibareng.id)

Risma: Tak Ada Alasan PNS Bolos Kerja di Hari Pertama

21 Jun 2018 11:43

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Usai libur panjang Lebaran, hari ini adalah hari pertama kerja bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), termasuk pula PNS di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, dirinya tak menerima alasan apapun bila ada PNS yang masih bolong kerja.

"Karena liburnya sudah panjang sekali ini, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak masuk, kecuali ada yang sakit," kata Risma, saat ditemui di rumah dinasnya, di Jalan Sedap Malam, Surabaya, Rabu, 20 Juni 2018, kemarin.

Risma meminta Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) dan Inspektorat Pemkot Surabaya untuk melakukan sidak dan PNS yang bolos kerja pada hari pertama ini, Kamis, 21 Juni 2018.

Risma mengaku dirinya juga tidak pernah menandatangani surat perpanjangan libur atau cuti bagi PNS di Pemkot Surabaya. Hal itu bertujuan agar pelayanan masyarakat tak terganggu dengan penambahan libur PNS.

Ia juga meminta para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarajat, pasalnya beberapa layanan itu sempat libur saat Lebaran.

Menurut dia, bila ditemukan PNS yang tak masuk kerja dirinya akan melakukan kroscek dan klarifikasi pada PNS yang bersangkutan. PNS, kata dia, harus bisa mempertanggungjawabkan perbuatannya jika benar-benar terbukti melanggar aturan.

"Tidak ada toleransi bagi PNS yang bolos, kalau memang melanggar, kita lakukan proses" tandasnya. (frd)